Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Techno
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Google Siapkan Infrastruktur Cloud untuk Transformasi Industri Keuangan ke Digital

Hingga tahun 2020, sebanyak 76 persen nasabah perbankan Asia Tenggara aktif di saluran perbankan digital

Google Siapkan Infrastruktur Cloud untuk Transformasi Industri Keuangan ke Digital
IST
ILUSTRASI 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah Indonesia terus mendorong transformasi digital di berbagai bidang. Hal itu ditunjang oleh tingginya minat masyarakat terhadap jasa perbankan dan layanan keuangan digital, regulasi, serta semakin banyaknya bank, aplikasi populer, serta fintech yang beralih ke cloud untuk solusi perbankan digital.

Dalam laporan IDC berjudul “A Decision Maker’s Guide to Hyper-Personalization in Southeast Asia Financial Services” disebutkan, hingga tahun 2020, sebanyak 76 persen nasabah perbankan Asia Tenggara aktif di saluran perbankan digital, yang 40 persen di antaranya bertransaksi di saluran digital.

Di 2023, jumlah ini diharapkan meningkat masing-masing menjadi 80 persen dan 60 persen.

"Keinginan pelanggan terhadap pengalaman digital yang sangat dipersonalisasi, mencakup banyak saluran, serta lancar dan mudah digunakan juga meningkat sangat pesat, akibat semakin banyaknya orang yang beralih ke layanan berbasis seluler selama pandemi," kata Country Director Google Cloud Indonesia, Megawaty Khie , Selasa (8/12/2020).

Bank Maybank Indonesia Tbk misalnya, mulai melangkah ke teknologi cloud untuk menunjang aktivitas digitalnya.

Bank ini melibatkan solusi analisis data canggih Google Cloud, untuk semakin memahami insight pelanggan secara real time menggunakan BigQuery untuk memecah kumpulan data silo dan memadukan serta menganalisis data terstruktur.

Misalnya, catatan atau transaksi dan data tidak terstruktur, seperti transkrip panggilan telepon, pengarsipan keuangan, data teks dan banyak lagi.

Teknologi ini untuk memahami tuntutan dan preferensi konsumen yang terus berkembang dan memberikan layanan baru yang membangun loyalitas pelanggan.  

CTO Maybank Indonesia, David Formula menyampaikan langkah pertama untuk menyatukan data adalah beralih dari infrastruktur tradisional ke cloud.

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Lita Febriani
Editor: Choirul Arifin
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas