Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Techno
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Riset Membuktikan, Layanan Bayar Nanti Makin Diminati di Masa Pandemi

Lebih dari 15 layanan e-commerce serta aplikasi on-demand saat ini menyediakan layanan bayar nanti seperti Kredivo, ShopeePay, Paylater, Traveloka.

Riset Membuktikan, Layanan Bayar Nanti Makin Diminati di Masa Pandemi
Daily Mail
Ilustrasi fitur PayLater di aplikasi. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Metode layanan digital bayar belakangan atau bayar nanti (Paylater) kini menjelma sebagai alternatif pengelolaan keuangan yang mudah di masyarakat untuk memenuhi kebutuhan pembiayaan sehari-hari.

Di masa pandemi seperti sekarang, layanan ini makin diminati, mengutip temuan hasil survei terbaru oleh Research Institute of Socio-Economic Development (RISED) yang bertajuk "Persepsi Pasar Indonesia Terhadap Pemanfaatan Fitur Pembayaran Paylater.”

Survei ini mendapati 92% responden menyatakan layanan ‘bayar nanti’ (Paylater) bermanfaat untuk mengelola pengeluaran dan arus kas.

Baca juga: Cara Mengetahui Data yang Dikumpulkan WhatsApp, Cukup Lihat dari Aplikasi WA

Penggunaan layanan ini sebelum dan selama pandemi Covid-19 juga berubah. Jumlah produk kesehatan yang dibeli menggunakan layanan ‘bayar nanti’ (Paylater) naik lebih dari dua kali lipat saat pandemi dibanding sebelum pandemi.

Baca juga: Kelak, Semua Kegiatan Pameran Otomotif Gaikindo Bisa Diakses Lewat Aplikasi GIIAS Auto360

Selain itu juga terjadi peningkatan intensitas penggunaan layanan ‘bayar nanti’ (Paylater) sebelum dan selama pandemi.

Peningkatan tersebut sebesar 22,52% bagi pengguna yang tergolong sangat sering dan sebesar 7,2% bagi pengguna yang tergolong sering menggunakan layanan ‘bayar nanti’ (Paylater).

Baca juga: Ini Ragam Kelebihan Aplikasi BiP Dibandingkan Whatsapp, Bisa Video Call Hingga 10 Orang

Rumayya Batubara, S.E., M.Reg.Dev., Ph.D, Ketua Tim Peneliti RISED dan Ekonom Universitas Airlangga, Surabaya, Rabu (10/2/2021) memaparkan, riset ini menunjukkan kehadiran layanan bayar nanti (Paylater) harus dipandang sebagai solusi alternatif pengelolaan keuangan, bukan hanya soal instrumen pembayaran.

Dia mengatakan, kehadiran layanan ‘bayar nanti’ (Paylater) telah terbukti membantu konsumen mengatur arus kas (cash flow) dengan lebih baik terutama di masa pandemi yang penuh ketidakpastian sehingga konsumen bisa lebih leluasa mengatur budgeting dan merencanakan keuangan jangka panjang, termasuk menabung.

Dia mengatakan, layanan ‘bayar nanti’ kini banyak ditawarkan oleh platform digital yang bekerjasama dengan pihak ketiga penyedia layanan cicilan.

Lebih dari 15 layanan e-commerce serta aplikasi on-demand saat ini menyediakan layanan bayar nanti seperti Kredivo, ShopeePay, Paylater, Traveloka, Gojek, Grab dan Tokopedia.

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Choirul Arifin
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas