Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Techno

Startup IDCloudHost Dapat Suntikan Rp 76 Mliar dari Init 6 untuk Kembangkan Bisnis Cloud

Sebagai modal awal, IDCloudHost mendapat suntikan pendanaan sebesar 5 juta dollar AS atau sekitar Rp72 miliar dari Init 6

Editor: Choirul Arifin
zoom-in Startup IDCloudHost Dapat Suntikan Rp 76 Mliar dari Init 6 untuk Kembangkan Bisnis Cloud
YouTube
ilustrasi IDCloudHost 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fandi Permana

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menjamurnya perusahaan penyedia basis penyimpanan data atau cloud menjadi peluang bisnis yang dilirik startup IDCloudHost.

Sebagai modal awal, IDCloudHost mendapat suntikan pendanaan sebesar 5 juta dollar AS atau sekitar Rp72 miliar dari Init 6, perusahaan investasi yang didirikan mantan pendiri Bukalapak, Achmad Zaky.

Pendanaan ini dimaksudkan untuk IDCloudHost memperkuat strategi bisnis mereka di tengah pertumbuhan industri cloud yang semakin pesat.

Bagi IDCloudHost pendanaan sangat penting untuk menjangkau pasar cloud yang memiliki potensi bisnis yang baik.

Founder dan CEO IDCloudHost, Alfian Pamungkas Sakawiguna mengatakan, fokus utama perusahaannya adalah tetap memperkuat teknologi dan sumber daya manusia.

Selain itu, investasi dari Init 6 sebagai momentum untuk melakukan ekspansi ke pasar yang lebih besar di Asia.

BERITA TERKAIT

“Fokus kami membantu jutaan UMKM dan individu di seluruh dunia untuk membangun bisnis yang berfokus membangun infrastruktur digital yang terjangkau," ujar Alfian dalam konferensi pers virtual, Selasa (23/3/2021).

"Kami sangat senang, bahwa layanan IDCloudHost juga membantu ribuan UMKM di Indonesia untuk memperluas jangkauan mereka di pasar dan membuat bisnisnya terus berkembang,” ujar Alfian.

Alfian mendirikan IDCloudHost tahun 2015 untuk menyediakan layanan cloud bagi perusahaan, UMKM, startup, dan developer individu sebagai penggunanya. Produk IDCloudHost di antaranya adalah domain website, object storage, cloud hosting, hingga server pribadi atau khusus.

Startup ini mengklaim sudah memiliki 100 ribu pengguna lebih.

CMO IDCloudHost, Muhammad Mufid Luthfi mengatakan pandemi Covid-19 membuat banyak perusahaan beralih menggunakan layanan digital.

Baca juga: Gandeng Microsoft, BRI Maksimalkan AI dan Cloud untuk Transformasi ke Layanan Digital

Transformasi digital itu terjadi di berbagai sektor dan perilaku masyarakat yang bersinggungan dengan teknologi.

“Ekosistem digital memang terus berkembang, tapi sejauh mana kita memanfaatkan peluang sekaligus tantangan bagi kami untuk menghasilkan produk inovatif. Selain itu layanan kami harus disesuaikan dengan perkembangan kebutuhan pasar,” kata Mufid.

Baca juga: F5 Cloud Services Permudah Perusahaan Terapkan Multicloud

CEO Init 6 Achmad Zaky mengungkapkan alasannya memilih IDCloudHost sebagai mitra strategisnya untuk berinvestasi. 

Dia menilai kemampuan dan kinerja dari tim IDCloudHost membuatnya tertarik karena memiliki tim yang solid dan produk yang dihasilkan sangat dibutuhkan pasar.

“Kami memilih IDCloudHost karena melihat energi dan kemampuan tim ini untuk berinovasi dan menjalankan strategi sangat luar biasa. Kami berharap mereka semakin memperkuat ekosistem startup dan menghadirkan lebih banyak ide kreatif untuk dikembangkan,” kata Zaky.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas