Tribun Techno
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Multipolar Technology Tawarkan Solusi Analisa Risiko Kredit Lewat IBM Cloud Pak for Data

Pengolahan data melalui analisis big data menjadi kunci bagi perusahaan untuk menentukan model bisnisnya di masa mendatang.

Multipolar Technology Tawarkan Solusi Analisa Risiko Kredit Lewat IBM Cloud Pak for Data
ist
Jip Ivan Sutanto, Director Enterprise Application Services Business PT Multipolar Technology Tbk (kiri) dan Yemmy Sukandar, Dept. Head Hybrid Data Management Solution PT Multipolar Technology Tbk (kanan), berbincang mengenai keunggulan IBM Cloud Pak for Data – Credit Risk di webinar Accelerate Decision Making to Grow the Business, Kamis (25/3/2021). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Bagi banyak perusahaan, data kini sudah menjadi aset yang sangat berharga karena bisa digunakan untuk evaluasi dan menganalisis mengenai kondisi terkini perusahaan dan menjadi tolok ukur pengembangan bisnis guna menyasar pasar dan kebutuhan yang tepat.

Namun masih banyak perusahaan yang belum dilengkapi fasilitas untuk mengelola data menjadi informasi penting sebagai dasar pengambilan keputusan.

Seiring berkembangnya teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI), pengolahan data melalui analisis big data menjadi kunci bagi perusahaan untuk menentukan model bisnisnya di masa mendatang.

Analisis big data ini akan sangat bermanfaat dalam strategi pengembangan produk, termasuk produk-produk finansial yang saat ini tengah meningkat kebutuhannya seperti kartu kredit, KPR, kredit kendaraan bermotor, asuransi, dana pendidikan, dana pensiun.

Peran Credit Analyst atau underwriter amatlah penting dalam menilai kelayakan dan pengelolaan risiko berdasarkan profil dan karakteristik calon nasabah.

Baca juga: Dukung Kartu Prakerja, Alibaba Cloud Siapkan Infrastruktur Digital dan Siap Latih Talenta Terbaik

Namun proses verifikasi dan analisa secara manual butuh waktu lama karena banyaknya parameter yang digunakan, sehingga proses jadi lambat dan sulit untuk mengejar target.

“Peran tools analitik terintegrasi yang berbasis kecerdasan buatan (AI) dapat membantu pengambilan keputusan secara terukur dan cepat serta memenuhi regulasi yang ada guna meningkatkan potensi bisnis,” ujar Jip Ivan Sutanto, Director Enterprise Application Services Business PT Multipolar Technology Tbk dalam webinar bertajuk “Accelerate Decision Making to Grow the Business” yang diselenggarakan Kamis (25/3/2021) oleh Multipolar Technology dan IBM.

Baca juga: Startup IDCloudHost Dapat Suntikan Rp 76 Mliar dari Init 6 untuk Kembangkan Bisnis Cloud

Dijelaskan, dengan meng-offload sebagian proses underwriting ke aplikasi analitik berbasis AI dapat membantu underwriter tetap produktif, sehingga mampu menghasilkan keputusan yang tepat, cepat, serta memenuhi regulasi.

Cross sell dan up sell produk-produk finansial sesuai kriteria nasabah juga bisa dengan mudah dilakukan untuk meningkatkan potensi bisnis.

IBM yang menjadi pionir dalam teknologi AI lewat IBM Watson, mengembangkan solusi IBM Cloud Pak for Data (CP4D) sebagai platform data analitik berbasis AI yang modern, terintegrasi, agile, dan lengkap.

Halaman
123
Ikuti kami di
Editor: Choirul Arifin
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas