Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Techno
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

UMKM Lokal Unjuk Gigi Lewat Home and Living SALEbrations Mid-Year Sale

Home Living SALEbrations juga menjadi ajang bagi para pegiat usaha, khususnya UMKM lokal seperti Sleep Buddy Bedding dan Dekornata, untuk unjuk gigi

UMKM Lokal Unjuk Gigi Lewat Home and Living SALEbrations Mid-Year Sale
dok.
Peluncuran Tokopedia Home and Living SALEbrations Mid-Year Sale secara Virtual, Senin (31/5/2021) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fandi Permana

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Penjualan di kategori Home and Living Tokopedia meningkat lebih dari 2x lipat selama kuartal I 2021. Untuk lebih menggenjot penjualan,mereka menggelar kampanye Home Living SALEbrations Mid-Year Sale selama bulan Juni 2021 sekaligus wujud apresiasi bagi toppers (sebutan pelanggan setia Tokopedia)

"Peralatan rumah tangga seperti alat dapur, bantal tidur, alat pel lantai hingga peralatan masak seperti set pisau dan timbangan dapur menjadi beberapa produk paling dicari di kategori Home and Living," kata Strategic Initiatives Senior Lead (Home and Living, Mom and Baby Category) Tokopedia, Rizki Widyastuti dalam keterangannya, Senin (31/5/2021).

Tokopedia mendorong masyarakat giat berbelanja produk lokal, utamanya produk-produk UMKM furnitur dan peralatan rumah tangga.

"Kebutuhan tinggi masyarakat akan kategori tersebut mendorong kami terus menggandeng para pegiat usaha, termasuk UMKM lokal-yang menjual produk rumah tangga, dapur, furnitur hingga pertukangan, melalui berbagai inisiatif. Salah satunya kampanye Home Living SALEbrations Mid-Year Sale selama Juni 2021," jelasnya.

Baca juga: Merger Gojek-Tokopedia, Keamanan Data Pengguna Harus Jadi Prioritas

Kampanye Home Living SALEbrations Mid-Year Sale berlangsung 1-30 Juni 2021 dengan nilai tambah  Flash Sale serba Rp 6.000, diskon hingga 90% setiap hari, cashback hingga Rp 200.000, Mystery Box, Tokopedia Play Parade Seru hingga Online Bidding mulai dari Rp10.000.

Baca juga: Blibli Siapkan Microsite Khusus untuk UMKM Garap Celah Pasar Ramadan

Home Living SALEbrations juga menjadi ajang bagi para pegiat usaha, khususnya UMKM lokal seperti Sleep Buddy Bedding dan Dekornata, untuk unjuk gigi.

Pemilik Sleep Buddy, Bedding, Indah Catur Agustin menceritakan setelah mengawali bisnis sebagai reseller, ia mendirikan Sleep Buddy Bedding pada 2009 silam.

Baca juga: Kurangi Jejak Emisi Karbon, Grab dan Lazada Hadirkan Pengiriman Paket Logistik Ramah Lingkungan

Bisnisnya menjual beragam produk sprei berkualitas dengan harga terjangkau hingga akhrinya ia memutuskan bergabung dengan Tokopedia pada 2017.

"Kini 80 persen penjualan kami berasal dari Tokopedia. Transaksi di toko kami juga naik hampir 20x lipat pada Kuartal 1 2021 dibanding Kuartal 1 2020. Tantangan selama pandemi Covid-19 justru membuat omzet di Tokopedia bisa mencapai lebih dari Rp 900 juta," terang Indah.

"Lewat Tokopedia, nama Sleep Buddy Bedding sekarang bisa dikenal masyarakat di luar Surabaya," katanya.

Kisah serupa juga dialami Giovanno Warli, pemilik Dekornata yang bergerak di bidang usaha furnitur berkolaborasi dengan pengrajin dari Jawa hingga Kalimantan untuk menjual berbagai produk olahan kayu, mebel dan dekorasi rumah.

"Semua produk kami asli buatan perajin Indonesia dan hanya menggunakan kayu yang didapatkan secara legal dan ramah lingkungan," ungkapnya.

Saat bergabung dengan Tokopedia pada Juni 2018, penjualan Dekornata terus mengalami peningkatan dan produknya makin dikenal toppers. Giovanno juga membagikan beberapa strategi yang kerap ia lakukan demi meningkatkan penjualan meski di tengah pandemi.

"Selama pandemi, omzet kami pun melonjak hingga 3x lipat," ujarnya.

Ikuti kami di
Penulis: Fandi Permana
Editor: Choirul Arifin
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas