Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Techno
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Telkomsel Lanjutkan Peluncuran 5G Serentak di Lima Kota

Telkomsel 5G mampumeningkatkan kapabilitas digital nasional dengan memajukan sektor unggulan di Denpasar, Bandung, Makassar, Batam, dan Surabaya

Telkomsel Lanjutkan Peluncuran 5G Serentak di Lima Kota
Dok. Telkomsel  
Wakil Wali Kota Denpasar I Kadek Agus Arya Wibawa (tengah) didampingi Direktur Network Telkomsel Nugroho dan EVP East Area Sales telkomsel Andri Wibawanto (kanan) sedang mencoba langsung pengalaman menggunakan teknologi 5G untuk layanan digital VR Immersive 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fandi Permana

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Setelah sukses meluncurkan jaringan 5G di Jakarta, Solo, Medan dan Balikpapan, layanan 5G Telkomsel kembali berlanjut di lima kota di Indonesia.

Kelima kota yang menjadi saksi lahirnya teknologi sarat kecerdasan itu adalah Denpasar, Bandung, Makassar, Batam, dan Surabaya. Peluncuran itu sekaligus menunjukkan bahwa operator pelat merah itu berkomitmen menghadirkan 5G ke seluruh Indonesia secara bertahap.

Direktur Network Telkomsel, Nugroho mengatakan hadirnya jaringan Telkomsel 5G mampu meningkatkan kapabilitas digital nasional dengan memajukan sektor-sektor unggulan di kota-kota tersebut. Selain itu hadirnya 5G bisa meningkatkan nilai tambah bagi berbagai sektor yang bergerak di kota-kota tersebut

"Komitmen kami selanjutnya adalah memastikan 5G tersedia untuk semua orang di Indonesia, baik untuk segmen konsumen, pemerintah, akademisi, maupun industri," kata Nugroho saat peluncur 5G di Denpasar, Senin (7/6/2021).

Baca juga: 5G Hadir di Solo, Dirut Telkomsel Pamer Kecepatan Internet 816MB per Detik

Nugroho menambahkan, kehadiran jaringan 5G di lima kota ini bisa membantu pengembangan pariwisata, pengembangan riset, dan implementasi Industry 4.0.

" Untuk itu, kami secara bertahap akan memperluas jangkauan 5G dan mengembangkan solusi digital melalui layanan 5G dengan kualitas terbaik, jaringan berkecepatan tinggi, dan latensi rendah, serta mendorong kolaborasi yang semakin kuat antar pemangku kepentingan yang memiliki tujuan kuat yang sama dalam melakukan transformasi digital untuk mendukung aktivitas keseharian,” tanbahnya.

Kehadiran jaringan 5G juga disambut positif oleh Direktur Standardisasi Perangkat Pos dan Informatika Kominfo, Mulyadi. Ia mengatakan kehadiran 5G di Denpasar diharapkan bisa membantu memulihkan pariwisata yang terdampak pandemi.

"Ini suatu kesempatan yang luar biasa, yang perlu dimanfaatkan oleh masyarakat Kota Denpasar dan Bali pada umumnya. Hadirnya 5G harus dapat mendorong industri pariwisata di Bali menjadi lebih maju," kata Mulyadi yang turut hadir dalam acara.

Sementara itu, Wakil Walikota Denpasar I Kadek Agus Arya Wibawa mengatakan internet berkecepatan tinggi menjadi kebutuhan masyarakat khususnya di Denpasar. Hadirnya 5G di Denpasar sangatlah membantu sektor UMKM dan pariwisata untuk bergerak kembali dan bangkit setelah setahun lebih dihantam pandemi Covid-19.

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Fandi Permana
Editor: Eko Sutriyanto
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas