Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Techno
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Teknologi 5G

Layanan 5G Indosat Ooredoo Hari Ini Resmi Diluncurkan, Kick-off di Solo

Indosat Ooredoo resmi meluncurkan layanan 5G komersial pertama di Indonesia dengan kick off di Solo, Jawa Tengah.

Layanan 5G Indosat Ooredoo Hari Ini Resmi Diluncurkan, Kick-off di Solo
IST
Presdir Indosat Ooredoo Ahmad Al-Neama dan Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming saat peluncuran jaringan 5G di Solo, Selasa (22/6/2021).  

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fandi Permana

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Usai mendapatkan Surat Keterangan Laik Operasi dari Kementerian Komunikasi dan Informatika pada 14 Juni 2021 lalu, operator seluler Indosat Ooredoo resmi meluncurkan layanan 5G komersial pertama di Indonesia.

Atas penerbitan SKLO tersebut, Indosat menjadi operator seluler kedua setelah Telkomsel yang menggelar jaringan 5G di Indonesia secara komersial. Jaringan 5G Indosat Ooredoo menggunakan pita frekuensi 1,8 GHz dengan lebar pita 20 MHz dalam rentang 1837,5-1857,5 Mhz.

Presiden Direktur Indosat Ooredoo Ahmad Al-Neama mengatakan, teknologi 5G yang dibawa Indosat akan mengakselerasi transformasi digital di Indonesia. Transformasi itu akan didorong untuk inovasi di sektor bisnis dan industri.

"Kami percaya teknologi ini akan memban

Baca juga: Mengenal Frekuensi Milimeter-Wave, Jaringan yang Dipakai untuk Menggelar 5G dalam Lelang Kominfo

tu mengakselerasi transformasi digital masyarakat Indonesia dan mendorong inovasi bisnis di semua industri," kata Ahmad Al-Neama saat peluncuran 5G Indosat Ooredoo di Balai Kota Surakarta, Selasa (22/6/2021).

Baca juga: Samsung Gandeng Vodafone Hadirkan Jaringan 5G di Eropa

Hal senada juga disampaikan Chief Business Officer Indosat Ooredoo Bayu Hanantasena yang mengungkapkan alasan Kota Solo dipilih sebagai lokasi peluncuran 5G Indosat. Dipilihnya Solo karena mendapat dukungan dari pemerintah setempat dan industri untuk mengakselerasikan teknologi jaringan generasi kelima ini.

"Hari ini kita meluncurkan layanan 5G Indosat pertama kali di Solo. Jaringan 5G menawarkan akses internet broadband seluler yang lebih cepat demi mewujudkan transformasi digital dan pemulihan ekonomi di kota tersebut," kata Bayu.

Sementara CEO Huawei Indonesia Jacky Chen yang hadir sebagai mitra Indosat dalam infrastruktur 5G mengatakan, jaringan 5G Indosat akan membuka banyak peluang bisnis lebih banyak bagi pelanggan.

"Kami percaya jaringan 5G Indosat akan terus bergerak maju menuju kemungkinan masa depan yang tak terbatas, mulai dari konektivitas tanpa batas, pengembangan Kota Pintar, transformasi digital, hingga akselerasi pertumbuhan ekonomi digital. Teknologi akan terus menciptakan nilai lebih dan mendorong inovasi. Kami senang dapat menjadi bagian dari tonggak sejarah, bersama dengan mitra terpercaya kami Indosat Ooredoo dan masyarakat Solo, untuk membangun Indonesia yang lebih cerdas dan terhubung," kata Jacky.

Halaman
12
Penulis: Fandi Permana
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas