Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Techno
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Selain Meminimalisir Serangan Siber, Domain Premium .id Juga Jadi Investasi Digital Jangka Panjang

Penggunaan domain lokal (.id) juga dapat meminimalisir kejahatan siber, sehingga ekosistem digital bisa berjalan dengan baik.

Selain Meminimalisir Serangan Siber, Domain Premium .id Juga Jadi Investasi Digital Jangka Panjang
giwebdesign.com.au
Ilustrasi nama domain. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Angka pengguna internet di Indonesia mengalami peningkatan dari tahun ke tahun, terbukti pada awal 2021, pengguna internet mencapai 202,6 juta jiwa. Jumlah ini meningkat 15,5 persen atau 27 juta jiwa jika dibandingkan pada Januari 2020 lalu.

Dengan hadirnya internet ditengah masyarakat semakin memudahkan kegiatan sehari-hari. Pengoptimalan digital marketing sangat penting bagi pengguna internet.

Selain melalui platform media sosial, juga bisa melalui pembuatan sebuah website.

Gunawan Tyas Jatmiko, Deputi Pengembangan Usaha, Pemasaran dan Kerjasama Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) mengungkapkan, di era saat ini, identitas bisnis dan personal di dunia maya melalui sebuah website menjadi sebuah strategi marketing yang penting karena bisa dikendalikan seutuhnya oleh user.

Penggunaan domain lokal (.id) juga dapat meminimalisir kejahatan siber, sehingga ekosistem digital bisa berjalan dengan baik.

Ini karena domain .id merupakan domain kode negara Indonesia yang berada dibawah otoritas Negara Indonesia.

Baca juga: Domain .id Jadi ccTLD dengan Pertumbuhan Tertinggi di Dunia

Gunawan menjelaskan, nama domain menjadi faktor penting dalam sebuah website, apalagi jika website tersebut menggunakan Domain Premium, karena kunci dari keberhasilan sebuah website ada pada pemilihan (wording) dalam domain itu sendiri.

Baca juga: Pengguna Domain.id Tembus Setengah Juta, PANDI Pede Jadi Juara ASEAN

"Dengan pemakaian domain premium akan (membuat website) lebih mudah diucapkan dan diingat oleh orang,” tukas Gunawan dalam keterangan pers tertulisnya, Senin (26/7/2021).

Nama Domain Premium adalah nama domain yang memiliki nilai tinggi, karena terdiri dari huruf yang terbatas mulai dari 2 hingga 4 karakter saja.

Baca juga: Domain dengan Aksara Pegon Juga Akan Didaftarkan ke ICANN

Selain itu, pemilihan katanya (wording) yang mudah dibaca dan diingat. Penggunaan nama domain yang unik dan singkat akan meningkatkan brand awareness dan kunjungan pada website tersebut.

Halaman
12
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas