Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Techno
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Dorong Industri Game Lokal Mendunia, Kominfo Gandeng AGI Gelar IDGX 2021

Program tersebut jadi upaya peningkatan kapasitas pelaku industri game dalam negeri dan juga mendorong industri game lokal untuk bisa go global

Dorong Industri Game Lokal Mendunia, Kominfo Gandeng AGI Gelar IDGX 2021
ist
Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fandi Permana

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika memiliki cara untuk mendorong pertumbuhan industri game di dalam negeri agar mendunia.

Menjalin kerja sama dengan Asosiasi Game Indonesia (AGI), Kominfo mengadakan Indonesia Game Developer Exchange (IGDX) 2021. Inisiatif ini dibangun agar industri game bisa segera go global karena peminat e-sports di Indonesia mempunyai potensi besar.

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan mengatakan program tersebut jadi upaya peningkatan kapasitas pelaku industri game dalam negeri dan juga mendorong industri game lokal untuk bisa go global. Selain itu juga berharap pelaku game dapat makin bertumbuh dengan program IGDX ini.

Baca juga: Bocah Ini Rela Tak Top Up Game Online karena Ingin Berbagi, Videonya Viral, Begini Cerita sang Ibu

"Event ini menghadirkan pelaku industri game lokal dan mancangera. Mereka akan berbagi ilmu dan pengalaman, membangun jaringan dengan ratusan game developer di Indonesia melalui rangkaian panjang kegiatan IGDX yang digelar bulan Oktober sampai dengan November tahun ini," kata Semuel dalam siaran pers dari laman resmi Kominfo, Kamis (29/7/2021).

Berkaca pada penyelenggaraann 2019 lalu, IGDX diikuti sebanyak 66,1 persen peserta profesional, mahasiswa sebesar 16,1 persen. Hal itu pula yang mendorong Kominfo untuk menyelenggarakan kembali IGDX 2021.

"Hal itu menandakan keberminatan terhadap IGDX berpadu antara pelaku industri dan SDM yang tertarik masuk ke dalam industri game," ungkapnya.

Potensi industri game di Indonesia selama empat tahun terakhir mengalami pertumbuhan signifikan. Berdasarkan penelitian Kementerian Kominfo dengan LIPI terdapat peningkatan skala usaha industri dari tahun 2017 hingga 2019.

Misalnya, ada 143 game yang diproduksi pada 2017, meningkat menjadi 225 game tahun 2018 lalu bertambah pesat 332 game pada 2019.

Semuel mengungkapkan peningkatan industri game Indonesia terlihat dari bertumbuhnya produsen dan pengguna. Terlihat juga selama pandemi, pengguna mengalami peningkatan pesat.

"Kalau kita bicara industri game ini, semakin hari semakin meningkat dan kita lihat industri di Indonesia pun dari waktu ke waktu mengalami peningkatan baik dari produsennya maupun penggunanya. Terlebih di masa pandemi sekarang, mengalami peningkatan sangat tajam dan kita ingin mendorong industri game ini mulai tumbuh supaya bisa memberikan potensi yang maksimal di Indonesia," imbuhnya.

Penulis: Fandi Permana
Editor: Eko Sutriyanto
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas