Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Techno

Demi Tingkatkan TKDN, Indonesia Perlu Penguasaan Teknologi dan Inovasi  

Penguasaan teknologi, inovasi dan layanan jadi kata kunci BPPT mendorong percepatan pembangunan bangsa, peningkatan daya saing dan kemandirian bangsa

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Eko Sutriyanto
zoom-in Demi Tingkatkan TKDN, Indonesia Perlu Penguasaan Teknologi dan Inovasi  
capture zoom meeting
Virtual talk show bertajuk 'Inovasi Teknologi untuk Mendukung Peningkatan TKDN Menuju Industri yang Mandiri dan Berdaya Saing Di Bidang Teknologi Hankam, Maritim dan Manufaktur', Rabu (18/8/2021). 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah saat ini terus mendorong upaya agar industri nasional bisa mandiri dan berdaya saing, khususnya pada bidang teknologi pertahanan dan keamanan, maritim serta manufaktur.

Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan meningkatkan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) melalui kaji-terap teknologi.

Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Hammam Riza menegaskan bahwa untuk mempercepat pembangunan bangsa, tentunya diperlukan penguasaan teknologi dan inovasi.

Inilah yang tengah didorong lembaganya untuk mendukung peningkatan TKDN dalam menghasilkan produk inovasinya agar Indonesia mampu mandiri dan berdaya saing.

"Penguasaan teknologi, inovasi dan layanan menjadi kata kunci bagi BPPT dalam mendorong percepatan pembangunan bangsa, peningkatan daya saing dan kemandirian bangsa untuk menghela pertumbuhan ekonomi," ujar Hammam, dalam virtual talk show bertajuk 'Inovasi Teknologi untuk Mendukung Peningkatan  TKDN Menuju Industri yang Mandiri dan Berdaya Saing Di Bidang Teknologi Hankam, Maritim dan Manufaktur', Rabu (18/8/2021).

Baca juga: Permintaan Banyak Tapi Stok Minim, BPPT Gelar Donor Plasma Konvalesen dan Darah

Ia kemudian menyebutkan bahwa pihaknya telah mengambil peranan dalam upaya pengembangan sederet inovasi bidang manufaktur, maritim serta pertahanan dan keamanan.

BERITA TERKAIT

Untuk manufaktur, pihaknya telah mengembangkan Light Rail Transit (LRT) yang bekerja sama dengan PT INKA, begitu pula dalam keterlibatan untuk proyek kereta api cepat.

"Di bidang manufaktur, BPPT telah berperan dalam mengembangkan inovasi inovasi diantaranya mengembangkan teknologi perkeretaapian, berkolaborasi dengan PT INKA, BPPT telahmengembangkan kereta Light Rail Transit (LRT) serta desain kereta api cepat," kata Hammam.

Selanjutnya, dalam bidang manufaktur ini, lembaga kaji terap teknologi itu juga terlibat dalam proses pengembangan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB).

"Selain itu, saat ini juga dalam proses pengembangan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai," jelas Hammam.

Baca juga: BPPT Sebut Pesawat N219 Amphibi Cocok di Negara Kepulauan Seperti Indonesia

Ada pula inovasi lainnya di bidang yang sama yakni proyek percontohan Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa)

"Di bidang ini juga, pilot project PLTSa yang pertama di Indonesia telah beroperasi di Bantargebang, hasil kerja sama BPPT denganDinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta," tutur Hammam.

Lalu untuk mendukung pengembangan KBLBB, pihaknya pun meluncurkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU), berkolaborasi dengan perusahaan pelat merah PT Pertamina (Persero).

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas