Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Techno

Seberapa Penting Engagement Instagram Bagi Bisnis Online?

Instagram memiliki pengguna aktif bulanan lebih dari 600 juta dengan tingkat keterlibatan tertinggi jika dibandingkan dengan platform lain.

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Seberapa Penting Engagement Instagram Bagi Bisnis Online?
energepic.com
ILUSTRASI - Instagram 

Laporan Wartawan Tribunnews, Hasiolan Eko Purwanto

 

TRIBUNNEWS.COM - Kunci kesuksesan dari sebuah akun instagram untuk kepentigan bisnis adalah bisa mendapatkan branding yang oke, hingga kontennya memancing banyak interaksi atau bahasa marketingnya adalah tingginya engagement instagram.

Kini Instagram sudah mulai menarik perhatian para marketer di seluruh dunia. Memang relatif baru, tetapi seiring dengan pertumbuhan followers hingga algoritma instagram yang terus berkembang.

Menurut statistiknya, Instagram memiliki pengguna aktif bulanan lebih dari 600 juta dengan tingkat keterlibatan tertinggi jika dibandingkan dengan platform media sosial lain.

Terlebih dengan banyaknya fitur baru Instagram seperti fitur Instagram Reels, instagram Music dan munculnya filter baru.

Instagram Reels mampu menarik perhatian banyak orang, terbukti dengan jangkauannya yang lebih luas daripada foto feed atau story.

BERITA TERKAIT

Engagement rate menjadi kunci utama agar sebuah merek bisa “meledak” dan keberadaannya dapat berkembang dengan baik pada media sosial serta berfungsi untuk meningkatkan efektivitas kinerja tim pemasaran media sosial.

Baca juga: Durasi Reels Diperpanjang, Bisa Bikin Konten Keren hingga 60 Detik di Instagram

"Meningkatkan engagement sama artinya meningkatkan penjualan, salah satu cara untuk meningkatkan engagement rate yaitu dengan banyaknya interaksi di kolom komentar sebuah postingan," ujar Tonton Taufik Rachman, CEO RajaKomen.com.

Tips Tingkatkan Engagement Instagram

Tonton juga menjelaskan, karena kriterianya adalah Engagement, akhirnya beberapa orang mulai dicoba beberapa trik meningkatkan engagament Instagram.

Dari solusi A sampai Z dicoba hingga terbentuk beberapa formula yang bisa digunakan untuk meningkatkan Engagement Instagram.

Baca juga: Ingin Views Instagram Reels Meningkat? Kuasai Trik Berikut Ini!

"Untuk yang belum tahu apa itu Engagement Rate? Engagement rate adalah metriks dasar yang digunakan dalam pemasaran media sosial untuk mengukur kinerja sebuah konten pada platform media sosial. Sedangkan untuk engagement Instagram bisa dilihat dan diukur dari interaksi di akun Instagram berupa likes, comment, share, views, dan repost," kata dia.

Ada banyak cara untuk meningkatkannya yaitu dengan membuat konten yang sesuai dengan brand dari usaha kamu dan harapannya bisa lebih banyak orang yang melihat konten tersebut.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas