Tribun Techno

WhatsApp Instagram & Facebook Down

BREAKING NEWS: Layanan WhatsApp, Instagram dan Facebook Mulai Normal

Para pengguna WhatsApp perlahan bisa menikmati berbalas pesan dengan rekan maupun keluarga sejak pukul 05.50 WIB.

Penulis: Lita Febriani
Editor: Dewi Agustina
zoom-in BREAKING NEWS: Layanan WhatsApp, Instagram dan Facebook Mulai Normal
Unsplash
WhatsApp, Instagram, dan Facebook down 

Laporan Wartawan Tribunnews, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Setelah hampir 5 jam mengalami down, pada pukul 05.35 WIB, melalui akun Twitter resmi Facebook, perusahaan memberitahukan bahwa layanan Whatsapp akan segera berangsur normal.

Facebook meminta maaf kepada pengguna di seluruh dunia karena layanan yang mendadak down tersebut.

"Kepada komunitas besar orang dan bisnis di seluruh dunia yang bergantung pada kami: kami minta maaf. Kami telah bekerja keras untuk memulihkan akses ke aplikasi dan layanan kami dan dengan senang hati melaporkan bahwa sekarang mereka telah kembali online sekarang. Terima kasih telah menemani kami," tulis Facebook.

Usai Facebook perlahan kembali normal, layanan Instagram pun dipastikan mengikuti hal yang sama.

"Instagram perlahan tapi pasti kembali sekarang - terima kasih telah berurusan dengan kami dan maaf telah menunggu," cuit Instagram melalui akun @InstagramComms.

Para pengguna WhatsApp pun perlahan bisa menikmati berbalas pesan dengan rekan maupun keluarga sejak pukul 05.50 WIB.

Namun hingga saat ini, perusahaan milik Mark Zuckerberg tersebut belum memberitahukan apa penyebab layanan mereka down.

Sebelumnya sejak Selasa (5/10/2021) dini hari, para pengguna aplikasi WhatsApp, Instagram dan Facebook ramai-ramai bermigrasi ke Twitter.

Baca juga: WhatsApp, Instagram dan Facebook Down Hampir di Seluruh Dunia, Pengguna Ramai Beralih ke Twitter

Hal ini dikarenakan layanan dari Facebook Inc mendadak mengalami gangguan di sejumlah negara.

Trending topik di Twitter otomatis diisi dengan hashtag WhatsApp, yang banyak dicuitkan oleh para pengguna hingga 3,69 juta kali.

Berdasarkan pantauan dari situs DownDetector, gangguan dari aplikasi milik Mark Zuckerberg tersebut terjadi di Asia Tenggara, Amerika Serikat, bahkan Eropa.

Pihak WhatsApp, Instagram dan Facebook pun telah meminta maaf melalui akun Twitter resmi mereka.

"Kami menyadari beberapa orang mengalami masalah dengan WhatsApp saat ini. Kami sedang berupaya untuk mengembalikan semuanya menjadi normal dan akan mengirimkan pembaruan di sini sesegera mungkin," tulis WhatsApp di Twitter.

Kemudian, melalui akun Twitter PR mereka, Instagram meminta para pengguna untuk bersabar dan mereka siap membantu keluhan yang ada.

"Instagram dan teman-teman sedang mengalami sedikit kesulitan saat ini, dan Anda mungkin mengalami masalah saat menggunakannya. Bersabarlah bersama kami, kami siap," tulis @InstagramComms.

Terkini, tepatnya pukul 05.35 WIB, Facebook memberikan cuitan bahwa pihaknya telah bekerja keras dan perlahan layanan akan segera kembali normal.

"Kepada komunitas besar orang dan bisnis di seluruh dunia yang bergantung pada kami: kami minta maaf. Kami telah bekerja keras untuk memulihkan akses ke aplikasi dan layanan kami dan dengan senang hati melaporkan bahwa sekarang mereka telah kembali online sekarang. Terima kasih telah menemani kami," tulis Facebook.

Hingga saat ini, pihak dari WhatsApp, Instagram maupun Facebook belum memberitahukan apa penyebab layanan mereka down sejak tengah malam tadi.

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas