Tribun Techno

Resmi Dapat Izin Edar dari Kemenperin, Kapan Iphone 13 Dijual di Indonesia?

Setelah diperkenalkan pada September lalu, Apple bakalan meluncurkan ponsel terbarunya, Iphone 13 di Indonesia.

Editor: Hendra Gunawan
Resmi Dapat Izin Edar dari Kemenperin, Kapan Iphone 13 Dijual di Indonesia?
apple.com
iPhone 13 Pro Max graphite, gold, silver, and sierra blue 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Setelah diperkenalkan pada September lalu, Apple bakalan meluncurkan ponsel terbarunya, Iphone 13 di Indonesia.

Penerus Iphone12 tersebut telah mendapatkan izin edar dari pemerintah Indonesia. Ini ditandai dengan empat model iPhone 13 sudah mengantungi Sertifikat Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) dan izin Postel.

Sertifikat TKDN untuk iPhone 13 telah diterbitkan Kementerian Perindustrian (Kemenperin) pada September lalu.

Pantauan KompasTekno di situs web TKDN Kemenperin, ada empat model iPhone yang sudah mendapatkan sertifikat, yaitu ponsel dengan nomor model "A2628", "A2633", "A2638", dan "A2643".

Baca juga: iPhone SE 3 Dikabarkan Meluncur Pada 2022, Bawa Teknologi 5G dan Chipset Terbaru

Secara berurutan, keempat nomor model tersebut diyakini sebagai iPhone 13 Mini, iPhone 13, iPhone 13 Pro, dan iPhone 13 Pro Max.

Sertifikat TKDN untuk empat iPhone terbaru, yang diduga sebagai
Sertifikat TKDN untuk empat iPhone terbaru, yang diduga sebagai iPhone 13, yang bakal masuk Indonesia. (Bill Clinten/Kompas.com)

Seluruh iPhone yang diajukan oleh PT Apple Indonesia tersebut, pantauan KompasTekno, masing-masing sudah lolos uji sertifikasi dan kompak mengantongi nilai TKDN sebesar 30 persen.

Sebagai informasi, bobot TKDN sebesar paling tidak 30 persen adalah salah satu syarat bagi ponsel 4G, begitu juga 5G untuk bisa dipasarkan di Indonesia.

Baca juga: 5 Smartphone yang akan Rilis Penghujung 2021 dan Tahun 2022, Ada Samsung Galaxy S22 dan iPhone SE 3

Selain website TKDN Kemenperin, keempat model iPhone 13 tadi juga sudah lolos uji sertifikasi Postel Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (Ditjen SDPPI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

Berbeda dengan laman TKDN, situs web Postel justru menuliskan secara gamblang bahwa keempat nomor model tadi memang benar merupakan untuk iPhone 13 Mini, iPhone 13, iPhone 13 Pro, dan iPhone 13 Pro Max.

Meski sudah lolos uji sertifikasi TKDN dan Postel, belum diketahui secara pasti kapan jajaran iPhone 13 tadi bakal resmi dijual di Indonesia.

Baca juga: Dua Smartphone yang Kalahkan Kemampuan Kamera iPhone 13 Pro

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas