Tribun Techno

Survei MarkPlus Ungkap Enam E-Commerce Paling Mendukung Produk Lokal

Sebanyak 51 persen responden memilih Tokopedia sebagai e-commerce yang paling diminati untuk membeli produk lokal, diikuti Shopee 40,8 persen

Editor: Choirul Arifin
Survei MarkPlus Ungkap Enam E-Commerce Paling Mendukung Produk Lokal
dok.
Ragam produk lokal yang paling dibeli konsumen di e-commerce berdasar hasil survei MarkPlus. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - MarkPlus baru-baru ini membuat survei untuk mengetahui platform e-commerce di Indonesia yang paling mendukung produk lokal dan merek lokal selama pandemi.

“Dari hasil survei ini terungkap 51 persen responden memilih Tokopedia sebagai e-commerce yang paling diminati untuk membeli produk lokal, diikuti Shopee 40,8 persen, Lazada 4 persen, Bukalapak 3,4 persen, JD.ID 0,4 persen, dan Blibli 0,4 persen,” ujar Rhesa Dwi Prabowo, Head of High-Tech, Property & Consumer Goods MarkPlus dalam riset terbarunya, Kamis (14/10/2021).

Persentase pembagian alasan responden dalam memilih Tokopedia sebagai platform yang mendukung produk lokal didasarkan pada ragam program yang dinilai menguntungkan pelanggan seperti diskon untuk produk lokal (75,7%) serta sering digelarnya program yang menampilkan berbagai produk lokal (42,7%).

Alasan lain yang ditemukan pada e-commerce lainnya, Shopee menjadi pilihan konsumen karena banyaknya ulasan positif pada toko produk lokal (53,4%).

Sementara itu, platform e-commerce lainnya tidak dijabarkan karena jumlah responden yang memilih kurang dari 30.

Baca juga: E-commerce Kian Sengit Bersaing, Siapa yang Punya Pengunjung Terbanyak di Indonesia?

Rhesa menjelaskan, dalam riset ini pihaknya juga menemukan data lainnya, yakni ada lima produk lokal favorit konsumen e-commerce Indonesia yaitu fesyen (63,8%), makanan & minuman (49,4%), produk rumah tangga (48,2%), mainan & hobi (40,6%), serta produk ibu & bayi (36,2%).

Baca juga: Terjun ke Bisnis Teknologi dan E-Commerce, Mukesh Ambani Kini Jadi Orang Terkaya ke-11 Dunia

Survei ini juga menunjukkan sejumlah alasan responden memilih platform e-commerce yang
dinilai paling mendukung pertumbuhan produk lokal/UMKM.

Menurut responden, Tokopedia menjadi pilihan utama karena menyediakan kategori khusus toko UMKM pilihan pada e-commerce tersebut (65%) dan banyak mempromosikan produk lokal di berbagai program promosinya (48,6%).

Baca juga: Praktik Cross Border di Industri E-Commerce Menggerus Keberlangsungan UMKM Lokal

Di sisi lain, Lazada dipilih karena berdasarkan pengetahuan responden, platform tersebut menyediakan dukungan secara keuangan dalam bentuk kredit/bantuan modal (42,1%) diikuti Shopee (33,9%).

"Namun yang perlu menjadi keterangan, untuk Lazada & platform E-commerce lainnya hanya dipilih kurang dari 30 responden,” ujar Rhesa.

Baca juga: 100 Juta Orang Dewasa Indonesia Nonton Video di YouTube Setiap Bulannya,  Apa Paling Disukai?

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas