Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Techno

Peralatan Audio Ikut Pengaruhi Kualitas Konten Digital

Shure memahami permintaan dari industri untuk kapabilitas nirkabel yang menjawab kebutuhan production environment di masa kini yang terus berkembang

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Eko Sutriyanto
zoom-in Peralatan Audio Ikut Pengaruhi Kualitas Konten Digital
ISt
Menonton TV 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Industri penyiaran sangat bergantung teknologi audio-video yang mampu menghantarkan produk akhir dengan kualitas prima.

Dalam industri penyiaran di dalamnya terdapat kegiatan pencarian dan produksi berita, serta produksi film dan konten digital dan penyiaran event secara langsung (live).

Head of Sound Reinforcement of Mola TV Hardjono Amidjojo mengungkapkan sejumlah tantangan pada peralatan audio yang digunakan dalam proses produksi berita dan event live.

Hardjono membagikan pengalamannya beberapa tahun silam atas sejumlah proyek yang dikelola.

Saat itu, membawa peralatan audio yang cukup berat ke berbagai titik di lokasi live event membuat proses produksi tersebut menjadi sangat menguras tenaga.

"Pada masa itu, peralatan audio yang berukuran besar serta berat itu benar-benar membuat produksi live event menjadi sangat sulit," ujar Hardjono melalui keterangan tertulis, Jumat (29/10/2021).

Baca juga: Nilai Orang Indonesia Menyukai Musik, Oraimo Pasarkan 3 Produk Aksesoris Audio Terbaru

BERITA TERKAIT

Tim produksi di lapangan juga dihadapkan dengan berbagai tantangan lain, di mana output audio yang dihasilkan tidak memberikan hasil yang optimal yang disebabkan suara latar yang cukup kencang, serta sinyal yang lemah atau hilang dari transmisi frekuensi.

Di samping itu, dengan membawa peralatan yang cukup berat dan banyak membuat proses produksi tersebut semakin sulit.

"Sekarang kita berada di era digital, di mana semua alat dan sistem dibuat menjadi ringan dan berukuran relatif kecil yang mudah dibawa.

Tantangan seperti itu tadi mestinya kini sudah tinggal menjadi kenangan saja," kata Harjono

Sebagai penggagas acara diskusi ini, Shure, melihat lebih jauh atas tren permintaan solusi nirkabel jarak jauh yang terus berkembang dan memperkenalkan portable receiver Axient Digital ADX5D.

Product Specialist PT Goshen Swara Indonesia (Distributor Shure di wilayah Indonesia) Dwivaldo Desprialdi menjelaskan bahwa ADX5D dikembangkan dari satu kebutuhan mendasar bagaimana menghadirkan keunggulan Axient Digital ke dalam opsi portable yang ringan, kecil dan mudah dibawa.

Shure memahami adanya permintaan dari industri untuk kapabilitas nirkabel yang menjawab kebutuhan production environment di masa kini yang senantiasa terus berkembang.

ADX5D diciptakan sebagai produk yang ideal di berbagai environment, seperti penyiaran langsung atas event atau acara olah raga, pengumpulan berita secara elektronis, produksi konten atau serial televisi, dan produksi konten di lapangan, yang kesemuanya sangat bergantung pada kualitas suara di lokasi.

Portable receiver ini mendukung permintaan atas solusi nirkabel jarak jauh yang memastikan pesan dapat tersampaikan secara jelas.

ADX5D Portable Receiver
ADX5D Portable Receiver (ist)

"Kami merancang ADX5D Portable Receiver untuk melengkapi teknologi nirkabel inovatif yang sama dari Axient Digital yang telah lebih dulu dikenal, dan dihadirkan dalam bentuk portable untuk para profesional di lapangan dan dapat dengan mudah dibawa dan cepat dioperasikan," kata Dwivaldo.

Para profesional di bidang film, TV, pengumpulan berita secara elektronik kini dapat mengakses kualitas audio yang sama dan kinerja RF yang selama ini telah dipercaya oleh para profesional bidang live sound selama bertahun-tahun.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
berita POPULER

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas