Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Techno

PIM Jadi Mal Pertama yang Adopsi Solstice ZD, Refrigeran Ber-GWP Rendah dari Honeywell

Memakai Solstice zd, PIM bisa meningkatkan efisiensi konsumsi energi sistem pendinginnya dengan menurunkan jejak karbon tanpa mengorbankan keselamatan

Penulis: Choirul Arifin
Editor: Eko Sutriyanto
zoom-in PIM Jadi Mal Pertama yang Adopsi Solstice ZD, Refrigeran Ber-GWP Rendah dari Honeywell
ist
Penggunaan refrigeran Solstice zd di pusat perbelanjaan Mal Pondok Indah, Jakarta. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Eko Sutriyanto 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Honeywell mengumumkan refrigeran Solstice zd (R-1233zd) saat ini telah diaplikasikan di gedung perbelanjaan Pondok Indah Mall (PIM) di Jakarta.

Penggunaan teknologi ini menjadikan PIM pusat perbelanjaan pertama di Indonesia yang mengadopsi zat pendingin Solstice zd dengan global-warming-potential (GWP) atau potensi pemanasan global yang sangat rendah.

Berbasis teknologi hydrofluoroolefin (HFO) dari Honeywell, Solstice zd merupakan refrigeran dengan nilai GWP 1 (GWP CO2=1) yang tidak mudah terbakar dan diklaim tidak menyebabkan penipisan lapisan ozon.

Dengan memakai Solstice zd, PIM bisa meningkatkan efisiensi konsumsi energi sistem pendinginnya dengan menurunkan jejak karbon tanpa mengorbankan keselamatan, keandalan, dan kinerja mesin.

"Solstice zd terbukti sangat efisien saat digunakan dan ber-GWP rendah. Teknologi ini mendukung komitmen kami untuk mewujudkan green building," ujar Ario Ananta Putro, dari Departemen Teknik Mesin PIM.

Baca juga: Pengalaman Baru Bersama AEON Mall Sentul City, Mall Terbesar di Bogor Raya

Honeywell menggandeng PT Berca Carrier Indonesia sebagai kontraktor utama untuk memasok dan memasang mesin chiller atau unit pendingin di gedung PIM, dengan menggunakan refrigeran Solstice zd pada pendingin sentrifugal Berca Carrier.

BERITA TERKAIT

Ario menyatakan, pihaknya senang bekerja sama dengan Honeywell dan Berca Carrier untuk memaksimalkan penghematan energi.

"Kerja sama ini juga membantu kami mengurangi jejak karbon secara signifikan demi memenuhi tujuan energi dan lingkungan yang lebih baik," ujar Ario.

Setelah melalui pengujian ekstensif dan kolaborasi dengan perusahaan terkemuka, saat ini refrigeran Solstice zd telah diadopsi secara luas di berbagai negara, termasuk Indonesia.

Penggunaannya pada banyak gedung dan pusat perbelanjaan sejalan dengan tuntutan regulasi, seperti Amandemen Kigali yang diadopsi secara internasional untuk Protokol Montreal demi mengurangi penggunaan Hydrofluorocarbons (HFCs) ber-GWP tinggi.

Tom Liu, Vice President dan General Manager, Honeywell Advanced Materials, Asia Pasifik mengatakan, Solstice zd dapat membantu perusahaan untuk meraih nilai yang lebih ramah bagi lingkungan serta sekaligus meningkatkan efisiensi.

"Kami berkomitmen untuk membantu transisi industri dengan teknologi termutakhir ber-GWP rendah," tambahnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas