Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Techno

Ada Beberapa Jenis Metode Absensi, Ketahui Kelebihan dan Kekurangannya

Penggunaan metode absensi ini tergantung dengan kebutuhan perusahaan, ada banyak sekali pertimbangan yang digunakan untuk memilih metode absensi

Penulis: Willem Jonata
Editor: Eko Sutriyanto
zoom-in Ada Beberapa Jenis Metode Absensi, Ketahui Kelebihan dan Kekurangannya
Pixabay
Ilustrasi absen 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA  - Absensi adalah salah satu kegiatan wajib untuk memonitoring kinerja karyawan dari waktu ke waktu.

Seiring zaman membawa perkembangan teknologi yang cukup pesat sehingga pekerjaan kantor juga banyak terbantu dengan adanya teknologi ini, termasuk dalam masalah absensi kehadiran.

Ada banyak sekali model absensi karyawan perusahaan yang digunakan, mulai dari absensi yang masih manual sampai dengan aplikasi attendance management mobile.

Menurut Syahda Ahyar dari Mekari, penggunaan metode absensi ini tergantung dengan kebutuhan perusahaan, ada banyak sekali pertimbangan yang digunakan untuk memilih metode absensi.

Beberapa jenis metode absensi yang banyak digunakan dalam perusahaan adalah sebagai berikut:

1. Absensi Manual

Absensi manual ini adalah jenis absensi yang sudah cukup banyak ditemui.

BERITA TERKAIT

Metode pengecekan kehadiran dengan absensi manual ini cukup sederhana dan mudah pun tidak mengeluarkan banyak kocek untuk cara absensi seperti ini.

2. Absensi manual dilakukan dengan cara mengisi kehadiran

Absensi manual dilakukan dengan cara mengisi kehadiran dengan menuliskan tanda hadir misalnya tanda tangan karyawan yang bersangkutan.

Cukup mudah dan gampang. Hanya, cara absensi seperti ini memiliki resiko melakukan kecurangan cukup besar, karena masih ada kesempatan untuk memalsukan tanda hadir ini.

Baca juga: Manfaat Menerapkan Absensi Online di Masa New Normal

Absensi manual di zaman modern ini juga sudah cukup langka di gunakan karena dianggap tidak cukup sesuai dengan perkembangan teknologi saat ini.

Karena di masa perkembangan teknologi yang sudah cukup pesat ini, diperlukan metode absensi yang cepat dan sederhana dalam pemrosesan datanya.

Jika dahulu absensi manual masih banyak ditemui di perusahaan kecil sampai ke atas, sekarang cara absensi seperti ini hampir tidak digunakan lagi di perusahaan.

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas