Tribun Techno

Hobi Fotografi Bawah Air? Gadget Ini Bisa Dibawa Menyelam Hingga 6 Meter

Pada gadget tahan air ini diberikan peringkat yang menunjukkan level ketahanannya terhadap debu dan berapa lama dapat tetap terendam di bawah air

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Choirul Arifin
Hobi Fotografi Bawah Air? Gadget Ini Bisa Dibawa Menyelam Hingga 6 Meter
Apple
iPhone 13, ponsel pintar tahan debu dan air, dengan lisensi IP68. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Teknologi tahan air alias water resistant kini tak hanya diaplikasikan pada produk arloji. Beberapa gadget jenis ponsel pintar (smartphone) lini terbaik kini sudah dilengkapi dengen teknologi kedap air.

Menariknya, pada gadget tahan air ini diberikan peringkat yang menunjukkan level ketahanannya terhadap debu dan berapa lama dapat tetap terendam di bawah air tanpa mengalami kerusakan apapun.

Peringkat maksimum yang bisa didapat ponsel pintar adalah lisensi IP68, ini mengindikasikan gadget itu tahan debu dan bisa masuk hingga 'sedalam-dalamnya' dan tetap terendam dalam waktu yang 'diklaim pabrikan'.

Dikutip dari laman smartphone-photography.com, Jumat (12/11/2021), secara teknis, jika Anda memiliki ponsel pintar tahan air, Anda dapat mengambil gambar apapun menggunakan gadget ini di bawah air.

Seberapa tahan ponsel pintar anda terhadap air?

Kemampuan ponsel pintar untuk terendam air dan terus bekerja, tentu dikategorikan dengan apa yang disebut sebagai 'peringkat IP'.

IP adalah peringkat Perlindungan Internasional yang terkadang disebut peringkat Perlindungan Ingress yang mengukur kemampuan perangkat untuk menahan cairan dan debu agar tidak masuk ke dalam.

Digit pertama setelah 'IP' berkaitan dengan perlindungan partikel padat yang tahan terhadap debu dan kotoran, sedangkan angka kedua menunjukkan ketahanan terhadap air.

Baca juga: Luna Maya Andalkan Galaxy Z Flip3 untuk Jaga Kebugaran Fisik dan Mental, Seperti Apa Caranya?

Sebagian besar ponsel pintar tahan debu dan tahan air memiliki peringkat perlindungan partikel padat 6 yang merupakan peringkat tertinggi dan itu mengindikasikan adanya perlindungan penuh terhadap kotoran dan debu.

Baca juga: Review realme GT Neo2, Flagship Killer dengan Dual Stereo Speaker Berprosesor Snapdragon 870 5G

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas