Tribun Techno

Erick Thohir Pacu Startup Lokal, Pengamat: Wujud Keberpihakan pada Pertumbuhan Ekonomi Digital

Startup lokal bisa memprioritaskan pemberdayaan para petani atau nelayan, serta bisnis pada sektor kreatif dan jasa intermediasi keuangan UMKM.

Penulis: chaerul umam
Editor: Hasanudin Aco
Erick Thohir Pacu Startup Lokal, Pengamat: Wujud Keberpihakan pada Pertumbuhan Ekonomi Digital
KOMPAS.com/RAKHMAT NUR HAKIM
Menteri BUMN Erick Thohir. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pengamat BUMN Research Group Lembaga Manajemen FEB UI Toto Pranoto mengatakan upaya Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memberikan pendanaan terhadap startup lokal atau perusahaan rintisan dapat menciptakan ekosistem pertumbuhan ekonomi khususnya ekonomi digital.

“Saya kira ini langkah bagus. Selama ini banyak sekali startup bagus yang justru dapat pembiayaan dari angel investor asing. Dengan dukungan investor lokal maka diharapkan kreativitas startup bisa meningkat lebih pesat," kata Toto kepada wartawan, Kamis (18/11/2021).

Toto menyatakan satu diantara kunci kesuksesan membangun startup adalah memiliki basis pasar yang kuat, idealnya startup lokal mampu menguasai pasar ASEAN yang cocok dengan bisnis layanan konten kreatif.

“Kunci sukses startup salah satunya tentu pada jumlah suscriber. Artinya butuh basis market yang kuat, jadi zona suscriber idealnya nanti bisa pada pasar ASEAN. Pasar regional ini tentu cocok pada layanan content creative, layanan kebutuhan esensial publik seperti halodoc,” katanya.

Baca juga: Erick Thohir Tegas Membantah Tudingan Soal Dirinya Terlibat Bisnis PCR: Kebenaran Pasti Terbukti

Namun, jika ingin fokus ke pasar domestik, startup lokal bisa memprioritaskan pemberdayaan para petani atau nelayan, serta bisnis pada sektor kreatif dan jasa intermediasi keuangan UMKM.

“Atau kalo mau fokus di domestik maka model startup yang fokus pada pemberdayaan petani atau nelayan seperti tanihub, sektor kreatif dan jasa intermediasi keuangan mikro atau kecil bisa jadi prioritas," ujarnya.

Toto mengatakan, dengan dukungan kepada startup ini menunjukkan Erick Thohir memiliki kepedulian dan keberpihakan terhadap pertumbuhan industri ekonomi digital di Indonesia.

“Dengan policy ini menunjukkan ada keberpihakan pada startup lokal. Ini juga sekaligus bisa menumbuhkan semangat dan motivasi  serta membentuk ecosystem startup lokal lebih baik karena ada jaminan pemerintah lewat BUMN untuk pengembangan bisnis mereka,” ujarnya.

Namun, Toto juga mengingatkan agar perusahaan BUMN yang akan menginvestasikan dananya untuk startup tidak asal-asalan, agar terhindar dari kerugian di kemudian hari.

“Perlu ada model bisnis yang lebih win-win diantara kedua belah pihak. Karena BUMN juga jangan sampai investasi sembarangan yang bisa memunculkan potensi kerugian," katanya.

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas