Tribun Techno

Bukan Sekadar Kecepatan Tetapi Juga Kapasitas, Ini Hal-hal Mengenai Teknologi 5G

Sebagian besar operator telekomunikasi di Indonesia telah mulai mengimplementasikan teknologi 5G.

Editor: Hendra Gunawan
Bukan Sekadar Kecepatan Tetapi Juga Kapasitas, Ini Hal-hal Mengenai Teknologi 5G
tangkap layar dari kompas.com
Ilustrasi 

TRIBUNNEWS.COM -- Sebagian besar operator telekomunikasi di Indonesia telah mulai mengimplementasikan teknologi 5G.

Mereka meluncurkan 5G dan bertransformasi digital telah menjadi pembahasan utama di dunia teknologi selama beberapa tahun terakhir.

Kamu mungkin mengira bahwa 4G saat ini sudah menyediakan jaringan andal yang telah menemani kehidupan sehari-hari setiap orang, mulai dari pesan antar makanan dan belanja daring, hingga pemesanan transportasi online dan masih banyak lagi, semuanya dapat dilakukan hanya dengan satu aplikasi.

Lalu, mengapa kita harus beralih ke 5G? Dikatakan bahwa teknologi generasi kelima tersebut akan memberikan kecepatan yang lebih tinggi dan latensi yang sangat rendah, tetapi apakah hanya itu?

Baca juga: Ini Loh, Daerah-daerah yang Sudah Dapat Layanan 5G XL Axiata

Masih banyak nilai dan manfaat yang akan dibawa 5G kedepannya. Konsumen pun memiliki minat besar pada potensi jaringan 5G. Kebutuhan ini semakin dipercepat akibat pandemi COVID-19 saat ini. Ericsson sebagai pemimpin ICT global ingin mengajak kamu mengenal lebih jauh tentang 5G.

1. 5G bukan hanya tentang kecepatan, tetapi juga kapasitas

5G dirancang untuk memberikan lebih banyak kapasitas dalam jaringan, lebih banyak "ruang" untuk digunakan, yang berarti ada lebih banyak ruang bagi semua orang dan perangkat pun akan mendapatkan kecepatan data yang lebih tinggi. Sederhananya, teknologi 5G memungkinkan lebih banyak perangkat untuk terhubung sekaligus.

Baca juga: CEK Bantuan Kuota Data Internet Gratis yang Cair Hari Ini, Besaran Kuota 7GB hingga 15GB

Generasi jaringan seluler sebelumnya seperti 3G dan 4G mengalami kesulitan dalam memberikan performa konsisten apabila terhubung pada terlalu banyak device di tempat yang bersamaan. Beberapa dari kita mungkin pernah mengalami hal ini ketika mencoba menggunakan ponsel kita selama acara olahraga atau konser yang ramai.

2. 5G menawarkan hiburan next level

Pernahkah kamu membayangkan kalau kamu tidak perlu keluar rumah untuk menonton pertandingan sepak bola tetapi kamu bisa merasakan duduk di barisan pertama lapangan? Dengan teknologi 5G, itu mungkin! Tahun depan, Ericsson bersama dengan Ooredo, akan menggelar pengalaman 5G yang tak terlupakan dalam acara olahraga 2022 di Qatar.

Baca juga: Samsung Siap Bangun Jaringan 5G Privat untuk Perusahaan

Penggemar sepak bola akan dapat menikmati pengalaman baru menonton pertandingan sepak bola yang didukung dengan enhanced mobile broadband, dengan kecepatan jaringan yang sangat tinggi, latensi rendah, dan kapasitas data yang besar. Penggemar akan dapat menikmati interaktivitas real-time dan pengalaman streaming definisi tinggi.

Halaman
1234
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
Klub
D
M
S
K
GM
GK
-/+
P
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas