Tribun Techno

AirTag Besutan Apple Disalahgunakan Bandit untuk Cari Jejak Mobil yang Akan Dicuri

Modusnya, pencuri sengaja menempelkan AirTag pada mobil yang sedang diparkirkan di tempat umum untuk kemudian dilakukan pelacakan.

Penulis: Hari Darmawan
Editor: Choirul Arifin
AirTag Besutan Apple Disalahgunakan Bandit untuk Cari Jejak Mobil yang Akan Dicuri
ist
Apple AirTag 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hari Darmawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Aksesoris besutan Apple yaitu AirTag, dirancang untuk membantu para pengguna Apple untuk mencari barang yang hilang.

Tapi peranti ini ternyata juga disalahgunakan oleh orang tidak bertanggung jawab untuk mencuri mobil.

Menurut laporan dari ArsTechnica yang dikutip Rabu (8/12/2021), aksesoris Apple AirTag ini digunakan oleh komplotan pencuri mobil mewah untuk melacak kendaraan yang akan dicuri.

Minggu ini, sebuah kasus tampaknya memberikan gambaran tentang masalah yang mungkin dapat disebabkan karena teknologi pada AirTag Apple.

Mengutip ArsTechnica, Selasa (7/12/2021), kepolisian Kanada mengumumkan ada kelompok pencuri mobil mewah memanfaatkan AirTag untuk melacak kendaraan mahal yang ingin mereka curi.

Hal ini diungkapkan oleh kepolisian Kanada, yang menemukan adanya lima kasus pencurian mobil dalam tiga bulan dengan menggunakan teknologi AirTag milik Apple tersebut.

Baca juga: Resmi Dijual di Indonesia, Ini Kegunaan AirTag Besutan Apple

Modus yang digunakan adalah pencuri sengaja menempelkan AirTag pada mobil yang sedang diparkirkan di tempat umum untuk kemudian dilakukan pelacakan.

AirTag sendiri menggunakan fitur Find My Apple pada perangkat iPhone, sehingga dapat dengan mudah menemukan lokasi dari AirTag tersebut.

Baca juga: Apple Event 2021 Rilis iMac dan iPad Baru, iPhone 12 Warna Baru, AirTag hingga Apple TV 4K

Aksesoris ini memang diperuntukan untuk mencari barang yang hilang, tentu dibuat dengan mudah untuk disandingkan dengan aplikasi Find My Apple.

Tetapi kegunaan AirTag ini justru disalahgunakan oleh oknum untuk melakukan kejahatan dalam mengintai sesuatu yang akan dicuri. 

Ikuti kami di
Klub
D
M
S
K
GM
GK
-/+
P
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas