Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Techno

Serikat Pilot AS Desak Penghentian Layanan 5G di Bandara AS Sampai Ada Jaminan Risiko Keselamatan

The Air Line Pilots Association telah menyuarakan keprihatinan mereka terkait polemik peluncuran layanan internet 5G yang akan menganggu penerbangan

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Serikat Pilot AS Desak Penghentian Layanan 5G di Bandara AS Sampai Ada Jaminan Risiko Keselamatan
Capacity Media
Verizon meyakini layanan internet 5G di bandara tidak akan mengganggu aktivitas penerbangan. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, WASHINGTON - The Air Line Pilots Association (ALPA) telah menyuarakan keprihatinan mereka terkait polemik peluncuran layanan internet 5G di Amerika Serikat (AS) yang berbenturan dengan aktivitas penerbangan di negara itu.

Menurut asosiasi tersebut, penundaan selama dua pekan dalam mengaktifkan menara 5G di sekitar bandara, yang dinegosiasikan antara maskapai penerbangan dan raksasa penyedia ponsel AS tidak cukup untuk memastikan bahwa standar keselamatan dapat terpenuhi.

Kelompok perdagangan yang mewakili 61.000 pilot di 38 perusahaan penerbangan AS dan Kanada menggarisbawahi bahwa 'ditundanya peluncuran tentunya mengakui bahwa risiko operasional penerbangan adalah hal yang serius'.

Dikutip dari laman Sputnik News, Kamis (20/1/2022), CEO maskapai besar AS telah menyampaikan peringatan pada 17 Januari lalu tentang tingginya 'bencana' krisis penerbangan yang dapat ditimbulkan terkait dengan penyebaran 5G yang semula dijadwalkan diluncurkan pada Rabu kemarin itu.

Baca juga: Penjelasan Mengapa Teknologi 5G Bisa Pengaruhi Aktivitas Penerbangan

Bencana ini dianggap dapat muncul karena 5G diduga mampu menimbulkan gangguan elektronik pesawat yang sensitif seperti altimeter radio yang berpotensi mengganggu penerbangan.

Namun ALPA menekankan bahwa hingga 'perbaikan' permanen dilakukan, penumpang dan pengirim maskapai penerbangan layak mendapatkan komitmen dari perusahaan telekomunikasi untuk tidak meluncurkan layanan 5G baru di salah satu lokasi bandara yang diidentifikasi oleh FAA 'rentan terhadap gangguan 5G'.

Baca juga: Menkominfo Tegaskan Frekuensi 5G di Indonesia Tak Ganggu Penerbangan 

BERITA TERKAIT

Serikat pekerja itu pun menyoroti Komisi Komunikasi Federal dan perusahaan telekomunikasi yang disebut selama bertahun-tahun tidak menyadari 'tanda bahaya' terkait 5G.

"Komunitas penerbangan telah mengangkat bendera merah tentang gangguan 5G dengan instrumen pesawat, kekhawatiran yang selama ini telah diabaikan oleh Komisi Komunikasi Federal dan perusahaan telekomunikasi, menciptakan kekacauan yang kita alami hari ini," kata ALPA.

Baca juga: Maskapai Internasional Batalkan Penerbangan ke AS karena Masalah Jaringan 5G

Asosiasi tersebut diketahui telah menggembar-gemborkan bahwa AS memiliki 'sistem transportasi udara teraman di dunia' dan memuji komitmen pilot AS untuk 'tetap bertahan seperti itu'.

"Namun, pendekatan saat ini terhadap masalah ini dikecam karena terlihat 'tidak ada cara lain untuk melindungi catatan keselamatan itu dan industri penerbangan vital Amerika yang sangat penting bagi ekonomi negara kita dan rantai pasokan global," jelas ALPA.

Peluncuran Ditunda

Penundaan ini terjadi saat pertikaian antara maskapai besar dunia dan penyedia ponsel AS yang mendorong Federal Aviation Administration (FAA) dan raksasa telekomunikasi AT&T dan Verizon setuju untuk menghentikan sebagian dari peluncuran 5G-C.

Saat operator seluler AS dijadwalkan menyebarkan layanan baru mereka, eksekutif tertinggi maskapai penumpang dan kargo utama di AS menuliskan dalam sebuah surat pada Senin lalu yang menyerukan 'intervensi segera' dari Gedung Putih, FAA, FCC, dan DOT.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
berita POPULER

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas