Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Techno

Indeks Literasi Digital Indonesia Meningkat, Skill Mengklarifikasi Berita Bohong Semakin Baik

Budaya Digital mengalami peningkatan dalam pengukuran Indeks Literasi Digital Indonesia 2021.

Penulis: Lanny Latifah
Editor: Nuryanti
zoom-in Indeks Literasi Digital Indonesia Meningkat, Skill Mengklarifikasi Berita Bohong Semakin Baik
Tribunnews.com/Hari Darmawan
Dirjen Aptika Kemenkominfo Samuel Abrijani Pangerapan, dalam acara Peluncuran Survei Literasi Digital, Kamis (20/1/2022). Budaya Digital mengalami peningkatan dalam pengukuran Indeks Literasi Digital Indonesia 2021. 

TRIBUNNEWS.COM - Budaya Digital mengalami peningkatan dalam pengukuran Indeks Literasi Digital Indonesia 2021.

Dilansir Kominfo.go.id, pengukuran indeks literasi digital ini selain untuk mengetahui status literasi digital di Indonesia juga untuk memastikan upaya peningkatan literasi digital masyarakat makin tepat sasaran.

"Kita ingin terus mempercepat dan mengawal terus tingkat literasi digital masyarakat, mengimbangi dengan perkembangan teknologi digital yang cepat dan makin strategis bagi kehidupan masyarakat Indonesia saat ini," ujar Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika, Samuel Abrijani Pangerapan dalam Peluncuran Indeks Literasi Digital 2021, Kamis (20/1/2022).

Perlu diketahui, keempat pilar yang menjadi pembentuk Indeks Literasi Digital diukur setiap tahun oleh Kementerian Kominfo.

Pengukuran indeks tersebut juga dilakukan bersama Siber Kreasi dan Katadata Insight Center (KIC).

Baca juga: Hasil Survei: Literasi Digital di Indoneisa Tahun 2021 Naik

Baca juga: Airlangga Hartarto: Keamanan Data Digital Perlu Kerja Sama Internasional

Adapun pada pilar Budaya Digital (digital culture) tercatat dengan skor 3,90 dalam skala 5 atau baik.

Selanjutnya, pilar Etika Digital (digital etics) dengan skor 3,53 dan Kecakapan Digital (digital skill) dengan skor 3,44.

BERITA REKOMENDASI

Sementara itu, pilar Keamanan Digital (digital safety) mendapatkan skor paling rendah (3,10) atau sedikit di atas sedang.

Panel Ahli Katadata Insight Center, Mulya Amri mengatakan, tahun ini Indeks Literasi Digital Indonesia berada pada skor 3,49 atau pada tahap sedang dan mendekati baik.

"Penggunaan empat pilar dalam pengukuran kali ini mengacu pada Roadmap Literasi Digital Indonesia 2020-2024 yang disusun Kominfo, berdasarkan riset nasional sebelumnya serta mengacu pengukuran serupa yang dimikili UNESCO," jelasnya.

Mulya Amri menjelaskan, jika dibanding tahun sebelumnya, pada kerangka indeks tahun 2021 terdapat perubahan dalam pengelompokan unsur pembentuk yang menyusun indeks.

"Ini adalah upaya untuk terus memastikan Indonesia memiliki alat ukur yang ajeg dan kini kita sudah punya roadmap atau peta jalan yang bisa dijadikan acuan baik dalam pengkuran maupun upaya peningkatan literasi," kata Mulya.

Baca juga: Luhut Sebut Literasi Keuangan Indonesia Masih Kalah Jauh dengan Singapura dan Malaysia

Baca juga: Platform Bertumbuh Dorong Digitalisasi Pebisnis Online di Indonesia

Analisis Perilaku: Peningkatan Skill Mengklarifikasi Berita Bohong

Pengukuran Indeks Literasi Digital 2021 dilakukan melalui survei tatap muka kepada 10.000 responden dari 514 kabupaten dan kota di Indonesia.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas