Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Techno

Mengenal Maxar Technologies, Perusahaan yang Berhasil Memotret Pergerakan Pasukan Militer Rusia

Maxar Technologies adalah perusahaan teknologi dan intelijen luar angkasa yang memiliki fokus dalam layanan teknologi informasi dan satelit komunikasi

Penulis: Nur Febriana Trinugraheni
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in Mengenal Maxar Technologies, Perusahaan yang Berhasil Memotret Pergerakan Pasukan Militer Rusia
Maxar Technologies
Maxar Technologies merilis gambar citra satelit mengejutkan, yang menggambarkan iring-iringan truk militer Rusia memasuki ibu kota Kyiv pada Senin (28/2/2022) malam. Mengenal Maxar Technologies, Perusahaan yang Berhasil Memotret Pergerakan Pasukan Militer Rusia 

Laporan Wartawan Tribunnews, Nur Febriana Trinugraheni

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Pasukan Rusia terlihat melakukan konvoi di utara ibu kota Ukraina, Kyiv pada Selasa (1/3/2022), berdasarkan gambar satelit yang ditampilkan perusahaan teknologi luar angkasa Amerika Serikat, Maxar Technologies.

Dalam gambar tersebut, konvoi militer membentang sekitar 40 mil atau 64 km.

Maxar Technologies juga menambahkan gambar pengerahan pasukan darat tambahan dan unit helikopter terlihat di Belarusia Selatan, yang berjarak kurang dari 32 km dari perbatasan utara Ukraina.

Baca juga: Apa Itu Maxar Technologies? Berikut Kegunaan dan Sejarah Perkembangannya

Lantas, siapa dan apa itu Maxar Technologies yang kerap mengabarkan pergerakan pasukan Rusia di Ukraina ini?

Maxar Technologies dan Sejarah Singkatnya

Bermarkas di Westminster, Colorado, Amerika Serikat, Maxar Technologies atau Maxar merupakan perusahaan teknologi dan intelijen luar angkasa terkemuka yang memiliki fokus dalam layanan teknologi informasi, layanan teknik dan satelit komunikasi.

BERITA TERKAIT

Maxar Technologies didirikan pada tahun 2017 dari hasil kerja sama antara MacDonald, Dettwiler and Associates (MDA) Kanada dan DigitalGlobe. Perusahaan ini terdaftar ganda di dua bursa efek, yaitu di Bursa Efek Toronta (TSX) dan Bursa Efek New York (NYSE) sebagai MAXR. Pada tahun 2020 Maxar melepaskan diri dari MDA Kanada dengan mengembalikan MDA ke perusahaan operasi terpisah.

Konvoi panjang militer Rusia di dekat Kiev, Ukraina. (Maxar Technologies / Tangkap Layar CNN)
Konvoi panjang militer Rusia di dekat Kiev, Ukraina. (Maxar Technologies / Tangkap Layar CNN) ((Maxar Technologies / Tangkap Layar CNN))

Maxar merupakan perusahaan induk dari beberapa perusahaan industri luar angkasa yaitu Space Systems Loral, yang berkantor pusat di California, Amerika Serikat, perusahaan DigitalGlobe dan Radiant Solutions, yang berkantor pusat di Herndon, Virginia, AS.

Hingga saat ini terdapat 70 negara yang menjadi pelanggan Maxar dengan 90 buah satelit buatan Maxar yang berhasil diorbitkan.

Kerja Sama dengan NASA

Pada Mei 2019, Maxar terpilih sebagai penyedia elemen tenaga dan propulsi untuk stasiun ruang angkasa kecil yang mengorbit di sekitar bulan, Lunar Gateway.

Stasiun ruang angkasa ini merupakan proyek kolaborasi yang melibatkan NASA, Badan Antariksa Eropa (ESA), Badan Eksplorasi Dirgantara Jepang (JAXA), dan Badan Antariksa Kanada (CSA).

Menurut data yang diperoleh dari tek.id, Maxar juga memiliki peran dalam program NASA Restore-L untuk mengembangkan sebuah lengan robotik yang dapat digunakan pada orbit untuk melayani dan memperbaiki satelit yang menua seperti Spider.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
berita POPULER
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas