Tribun Techno

IA-ITB Kenalkan Platform Metaverse Danau Toba di Women 20 Summit

Platform Metaverse Danau Toba diperkenalkan di acara Women 20 (W20) Summit di Danau Toba, Sumatera Utara, 19-21 Juli 2022.

Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Choirul Arifin
zoom-in IA-ITB Kenalkan Platform Metaverse Danau Toba di Women 20 Summit
dok.
Pengenalan platform Metaverse Danau Toba di acara Women 20 (W20) Summit di Danau Toba, Sumatera Utara, 19-21 Juli 2022. 

Laporan  Wartawan Tribunnews.com, Eko Sutriyanto 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ikatan Alumni Institut Teknologi Bandung (IA-ITB) meluncurkan Tobaverse, platform metaverse Danau Toba yang memungkinkan semua pihak mengeksplor kawasan Danau Toba dengan impresi 3 dimensi.

Platform Metaverse Danau Toba dikenalkan dalam Women 20 (W20) Summit yang dilaksanakan di Danau Toba di Simalungun, Provinsi Sumatra Utara pada 19-21 Juli 2022.

Tobaverse sendiri merupakan hasil kerjasama IA-ITB dan Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (PBODT) yang juga dibuat dalam rangka percepatan pembangunan kawasan wisata Danau Toba.

Gembong Primadjaja, Ketua Umum Pengurus Pusat IA-ITB mengatakan, banyak manfaat yang bisa diperoleh melalui platform Metaverse Danau Toba ini.

Selain para peneliti bisa melihat lebih jelas susunan kontur baik di permukaan maupun di bawah permukaan, masyarakat dan pihak yang terkait dengan pembangunan juga bisa melakukan perancangan di atas kontur riil kawasan Danau Toba ini.

Baca juga: Ketika Mantan CEO Google Eric Schmidt Kritik Konsep Metaverse

"Belum lagi berbagai permainan seperti halnya yang ada di game 3D bisa dimainkan di dalam Tobaverse ini,” ujar Gembong dalam keterangan tertulis, Kamis (21/7/2022).

Metaverse sendiri merupakan suatu teknologi Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR) yang memungkinkan individu untuk berinteraksi dengan individu lainnya secara virtual.

Selain itu, metaverse identik dengan simulasi dunia nyata manusia yang diimplementasikan di dunia maya atau internet.

Baca juga: Viral Pernikahan di Metaverse ala Pasangan di Yogyakarta, Berikut Kisahnya

"Tobaverse IA-ITB merupakan Metaverse dunia nyata Indonesia yang pertama kali diluncurkan di Indonesia," katanya.

Jimmy Panjaitan, Direktur Utama BPODT mengatakan, Tobaverse menjadi sebuah langkah cepat dan nyata yang dikerjakan bersama antara BPODT dan IA-ITB.

"Tidak hanya ahli informatika saja yang bekerja dalam kegiatan ini, namun juga desainer, arsitek, sipil, dan juga ahli geologi ikut gotong-royong dalam kegiatan ini,” kata Jimmy Panjaitan.

Tobaverse menggabungkan berbagai teknologi penginderaan sehingga mampu menghasilkan Metaverse yang tidak hanya dapat digunakan sebagai alat pemasaran, namun juga sebagai alat perancangan dan penelitian.

Seperti diketahui bersama, Danau Toba merupakan incaran para peneliti kelas dunia.

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas