Tribun Techno

Mengenal Apa Itu WonderVerse Indonesia, Platform Promosi Pariwisata Indonesia

Kemenparekraf menghadirkan platform WonderVerse Indonesia dan dibagi menjadi empat bagian. Simak penjelasannya di sini.

Penulis: Widya Lisfianti
Editor: Whiesa Daniswara
zoom-in Mengenal Apa Itu WonderVerse Indonesia, Platform Promosi Pariwisata Indonesia
https://kemenparekraf.go.id/berita/siaran-pers-kemenparekraf-hadirkan-wonderverse-indonesia-promosikan-parekraf-secara-interaktif-digital-2
Kemenparekraf menghadirkan platform WonderVerse Indonesia dan dibagi menjadi empat bagian. Simak penjelasannya di sini. 

TRIBUNNEWS.COM - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menghadirkan platform WonderVerse Indonesia.

Selain untuk mempromosikan pariwisata Indonesia ke tingkat nasional dan mancanegara, WonderVerse Indonesia juga untuk mendorong industri ekonomi kreatif mempromosikan produknya secara digital.

Hal tersebut disampaikan oleh Menparekraf, Sandiaga Uno usai menyaksikan penandatanganan MoU pengembangan "WonderVerse Indonesia", Rabu (17/8/2022) di Gedung Sapta Pesona Kantor Kemenparekraf/Baparekraf.

"Sekarang kita ada dalam satu transisi, di mana digitalisasi mendorong transformasi. Hadirnya platform baru ini adalah untuk mengangkat promosi pariwisata dan juga bagaimana ekonomi kreatif bisa kita tingkatkan dengan perkembangan teknologi," kata Menparekraf Sandiaga Uno, dikutip dari laman Kemenparekraf.

Dalam pengembangan dunia meta (metaverse) "WonderVerse Indonesia", Kemenparekraf berkolaborasi dengan PT. Magnus Digital Indonesia.

Di tahun 2026 diperkirakan akan ada 25 persen dari populasi dunia yang akan menghabiskan setidaknya satu jam dalam sehari di metaverse.

Baca juga: Luncurkan WonderVerse, Kemenparekraf Promosikan Pariwisata Indonesia ke Mancanegara lewat Metaverse

"Berarti mereka akan bekerja, berbelanja, mengakses pendidikan, melakukan perawatan kesehatan, dan kegiatan apapun termasuk pariwisata dan ekonomi kreatif di metaverse."

"Ada di dalam ruang meta yang tentunya harus kita lakukan langkah-langkah terobosan dari 4 tahun sebelum itu," kata Sandiaga.

Pemerintah, dikatakan Sandiaga, harus menghadirkan dan memfasilitasi agar seluruh pihak bisa memastikan bagaimana metaverse meningkatkan kesejahteraan.

Baca juga: Sandiaga Uno Ajak Roy Citayam Tampil di WonderVerse, Pamerkan Karya Fashion Dalam Negeri

"Sesuai dengan arahan Presiden Jokowi bahwa transformasi digital termasuk metaverse harus mampu mendorong kedaulatan dan kemandirian digital Indonesia."

"Dalam transformasi ini, jangan sampai justru kita menjadi tamu di tanah kita sendiri. Bagaimana kita bisa menghadirkan konten-konten kreatif dan kekuatan digitalisasi kita berdasarkan Pancasila dan kebhinekaan dengan tentunya berakar pada kearifan lokal yang kita miliki," kata Sandiaga.

Sandiaga berharap platform "WonderVerse Indonesia" jadi game changer dalam promosi pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia ke depan.

"Ini adalah langkah awal dari begitu banyak prestasi yang harus kita capai, dan ini juga bertepatan dengan momentum kemerdekaan kita ke-77 untuk pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat."

"Saya harapkan pelaku industri dan UMKM harus siap mengisi dengan produk-produk ekonomi kreatifnya dan destinasi wisata dipasarkan secara virtual."

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas