Teknologi eXtended Reality Bisa 'Terbangkan' Penonton Kemana Saja dan Kapan Saja
Penggunakan teknologi terbaru guna membuat lingkungan foto realistis yang benar-benar imersif
Penulis: Choirul Arifin
Editor: Eko Sutriyanto
Laporan Wartawan Tribunnews, Choirul Arifin
TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemanfaatan teknologi virtual dan augmented reality kini semakin berkembang pesat dan membuka jalan bagi generasi baru kreator konten dalam menciptakan ‘dunia lain’ yang imersif dan memberikan pengalaman menakjubkan.
Baru-baru V2 Indonesia, anak perusahaan PT M Cash Integrasi Tbk (MCAS) memperkenalkan teknologi eXtended Reality (XR) Stage pertama di rumah ibadah Integrity Convention Center (GBI PRJ) di Kemayoran, Jakarta Pusat.
Founder dan CEO V2 Indonesia Rudi Hidayat mengatakan, XR kini menjadi teknologi baru yang sedang berkembang. Apa yang diperkenalkan oleh V2 Indonesia di Integrity Convention Center merupakan sebuah pembuktian bahwa kita benar-benar dapat menggunakan teknologi terbaru guna membuat lingkungan foto realistis yang benar-benar imersif.
"Hal ini berarti juga kreator akan bisa membawa penonton ke mana pun, dan kapan pun, itulah keajaiban XR," ujarnya.
Baca juga: Penempatan Local Heroes Bantu Pemberdayaan Nelayan Lewat Teknologi Digital
Proyek studio XR imersif di GBI menjadi yang pertama di Asia dalam penggunaan gamifikasi dan teknologi XR dalam kegiatan keagamaan melalui bentuk virtual event dan didukung oleh penggunaan software real time.
“Kita kembali kepada visi misi gereja, yakni supaya semua yang beribadah dapat merasakan karakter Kristus dalam kegiatan penggembalaan, pengajaran, dan pemuridan.
Hal tersebut diwujudkan dengan penerapan teknlogi terkini,” ungkap Pdt. DR. Janto Simkoputera, MD PhD, Gembala GBI PRJ Group dalam keterangan pers tertulisnya, Jumat, 19 Agustus 2022.
Di GBI PRJ, V2 Indonesia mengaplikasikan teknologi studio XR dengan LED berukuran 17x5 meter dan didukung oleh software disguise yang memungkinkan menampung hingga maksimal 2800 orang (tanpa jarak) per sesi ibadah.
Event yang digelar dikonsepkan dan diwujudkan dengan memanfaatkan panggung XR memungkinkan pengembang menempatkan lapisan efek visual dan selebritas lain dari jarak jauh, namun tetap berjalan secara real time.
Sebelumnya, V2 Indonesia sukses membawa XR untuk berbagai aktivasi di sektor BUMN, rumah produksi dan stasiun televisi.
Visualisasi kreatif telah mengalami proses evolusi selama bertahun-tahun yang membawa penonton ke euforia dunia virtual atau metaverse yang imersif dan fantastis. Kemajuan teknologi real-time pun menjadi pusat pergeseran tren ini.
Dengan perangkat lunak real-time, para kreator dapat bekerja secara kreatif dan kolaboratif, tanpa waktu rendering yang panjang dan alur kerja tertutup.
Saat diaplikasikan ke industri media dan hiburan, pemanfaatan teknologi ini dapat
membantu para pembuat konten untuk dapat bebas berfokus pada penciptaan dan mewujudkan ide-ide mereka lebih cepat, lebih kreatif, dan fleksibel dibandingkan sebelumnya.