Tribun Techno

Selain IMEI Terdaftar, Garansi Resmi Bikin Smartphone Kamu Terhindar dari Pemblokiran

Garansi resmi adalah garansi yang diperoleh dari smartphone yang dipasarkan secara sah oleh distributor di Indonesia yang ditunjuk langsung oleh brand

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in Selain IMEI Terdaftar, Garansi Resmi Bikin Smartphone Kamu Terhindar dari Pemblokiran
DIGITAL TRENDS
Ilustrasi smartphone. Kementerian Perindustrian (Kemenperin) pun berusaha untuk melindungi hak konsumen dengan melakukan pengesahan Undang-undang (UU) pengontrolan IMEI pada perangkat telekomunikasi. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Di era serba digital ini, memiliki gadget seperti ponsel pintar (smartphone) tentu menjadi hal yang wajib bagi setiap orang.

Hal itu karena smartphone merupakan salah satu produk elektronik yang sangat dibutuhkan untuk menunjang kebutuhan masyarakat dalam melakukan komunikasi secara luas.

Oleh karena itu, saat ini banyak orang yang akhirnya memutuskan untuk membeli smartphone demi memudahkan kegiatan mereka sehari-hari yang terkait dengan internet, ini tentu saja membuat mereka tidak bisa lepas dari penggunaan gadget.

Baca juga: Penetrasi Internet dan Smartphone Dukung Kemajuan Industri Riset Pasar

Namun ada hal yang perlu dicatat sebelum anda membeli smartphone, yakni memastikan gadget yang anda beli itu memiliki garansi resmi.

Meskipun harganya lebih mahal dibandingkan dengan smartphone yang tidak bergaransi resmi, namun risiko yang merugikan tentu dapat diminimalisir.

Dikutip dari laman disruptive.Asia, Kamis (25/8/2022), Indonesia merupakan pasar yang besar bagi produsen ponsel termasuk smartphone, dengan 60 juta smartphone terjual setiap tahunnya.

Sementara itu pada 2019, Indonesia disebut kehilangan Rp 2 triliun atau setara 141 juta dolar Amerika Serikat (AS) dalam potensi pajak pertambahan nilai setiap tahun dari ponsel yang diimpor secara ilegal.

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) pun berusaha untuk melindungi hak konsumen dengan melakukan pengesahan Undang-undang (UU) pengontrolan IMEI pada perangkat telekomunikasi.

Baca juga: 4 Keunggulan Galaxy Z Flip 4 5G, Smartphone Lipat yang Wajib Dimiliki Anak Muda!

Melalui pengesahan peraturan ini, maka bagi anda yang berencana untuk membeli smartphone baru, ada baiknya untuk memperhatikan sederet keuntungan yang bisa diperoleh jika anda membeli smartphone bergaransi resmi.

Lalu apa itu garansi resmi?

Garansi resmi adalah garansi yang diperoleh dari smartphone yang dipasarkan secara sah oleh distributor di Indonesia yang ditunjuk langsung oleh pihak brand.

Nah, ini 3 keuntungan yang bisa anda peroleh jika membeli smartphone bergaransi resmi.

1. Layanan purna jual yang mumpuni

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas