Tribun Techno

Buka DEWG G20, Menkominfo Johnny G Plate Puji Peran Swasta dalam Mempercepat Tranformasi Digital

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate memuji peran swasta dalam mempercepat pertumbuhan ekonomi digital.

Penulis: Dodi Esvandi
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Buka DEWG G20, Menkominfo Johnny G Plate Puji Peran Swasta dalam Mempercepat Tranformasi Digital
Dodi Esvandi/Tribunnews.com
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate memberi sambutan saat pembukaan Industry Task Force (ITF) sebagai bagian dari Pertemuan Keempat Kelompok Kerja Ekonomi Digital atau Digital Economy Working Group (DEWG) G20 di Nusa Dua, Bali, Senin (29/8/2022). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Dodi Esvandi

TRIBUNNEWS.COM, BALI - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate memuji peran swasta dalam mempercepat pertumbuhan ekonomi digital.

Menurut Johnny, swasta memiliki peran sangat penting dalam mendorong transformasi digital.

"Swasta memiliki peran integral dalam mendorong transformasi digital," kata Johnny saat memberikan sambutan dalam pembukaan Industry Task Force (ITF) sebagai bagian dari Pertemuan Keempat Kelompok Kerja Ekonomi Digital atau Digital Economy Working Group (DEWG) G20 di Nusa Dua, Bali, Senin (29/8/2022).

"ITF menunjukkan seperti apa inovasi di era digital dan bagaimana swasta memiliki peran penting dalam membawa percepatan perubahan itu," ujarnya.

Baca juga: Menkominfo akan Buka Pertemuan DEWG G20, Indonesia Dorong Konsensus Kelola Ekosistem Digital

Johnny juga memuji kehadiran kalangan swasta pada ajang ITF di DEWG G20 ini.

Setidaknya ada 12 perusahaan swasta yang hadir dalam ITF kali ini.

"Ini membuktikan ITF senantiasa berkomitmen membawa inovasi ke permukaan yang bisa mengubah hidup orang banyak," kata Menkominfo itu.

Pertemuan keempat DEWG ini dihadiri 11 delegasi dari lima negara, ditambah dua organisasi internasional, yakni Uni Eropa dan Islamic Development Bank (ISDB).

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kominfo Mira Tayyiba mengatakan rangkaian pertemuan DEWG Presidensi G20 Indonesia ini memiliki arti penting dalam penyusunan arah perkembangan lanskap perekonomian digital dunia.

Menurut Mira pertemuan DEWG ini kali pertama dalam sejarah G20 membahas ekosistem digital global dalam kerangka working group.

“Sejak Maret hingga September 2022, Indonesia memandu diskusi antarnegara dalam isu tata kelola ekosistem digital global. Pertemuan itu telah menampilkan pemulihan Indonesia dan dunia yang lebih resiliensi dengan transformasi digital yang inklusif, memberdayakan, dan berkelanjutan,” kata Mira di Nusa Dua Bali, Minggu (28/8/2022).

Mira yang juga merupakan Chief DEWG itu mengatakan selama pertemuan DEWG, delegasi G20 memiliki kesempatan menyampaikan pendapat dan gagasan berkaitan dengan isu konektivitas digital serta pemulihan pascapandemi.

Baca juga: Lemhanas: G20 Momentum Lindungi Kepentingan Nasional di Tengah Dinamika Global

Selain itu akan dipaparkan pula keterampilan dan literasi digital serta tata kelola data lintas batas negara.

Wiki Terkait

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas