Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Techno

Rilis 12 September, Intip Sederet Fitur Baru di IOS 16

Apple kembali membuat gebrakan baru untuk penggunanya yaitu dengan merilis sederet pembaharuan yang tersemat pada update iOS 16.

Penulis: Namira Yunia Lestanti
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Rilis 12 September, Intip Sederet Fitur Baru di IOS 16
apple.com
Ilustrasi: iPhone 14 dan iPhone 14 Plus dalam genggaman 

Laporan Wartawan Tribunnews.com Namira Yunia Lestanti

TRIBUNNEWS.COM, CALIFORNIA – Usai netizen digemparkan dengan perilisan iPhone 14, Apple kembali membuat gebrakan baru untuk penggunanya yaitu dengan merilis sederet pembaharuan yang tersemat pada update iOS 16.

Meski baru dirilis pada Senin (12/9/2022) mendatang, namun Apple tampaknya telah menyematkan berbagai macam kecanggihan pada pembaharuannya kali ini seperti fitur kustomisasi yang lebih bebas. Sehingga memungkinkan pengguna untuk melakukan kustomisasi yang lebih bebas lagi dari versi iOS terdahulu, mulai dari lock screen, redesign notifikasi, kustomisasi widget, font serta warna yang dapat disesuaikan berdasarkan minat pengguna.

Penasaran pembaharuan apa saja yang akan dihadirkan Apple dalam iOSnya kali ini , berikut wartawan Tribunnews.com merangkum bocoran terkait spesifikasi perubahan pada iOS 16.

1. Aplikasi Home

Aplikasi Home yang terdapat pada iOS memiliki desain baru yang difungsikan untuk memudahkan navigasi, pengaturan tampilan, dan kontrol semua aksesori pengguna. Dalam pembaharuannya kali ini Apple juga turut menambah widget layar kunci mirip dengan tampilan jam, dan dapat dikaitkan dengan mode Fokus yang dapat menghilangkan konten yang mengganggu dalam aplikasi.

Baca juga: Harga iPhone 14 di Turki Dibanderol Paling Mahal Tembus Rp 35 Juta, Pembeli Gigit Jari

2. Pembaharuan di Fitur iMessage

BERITA TERKAIT

Pembaharuan ini ditujukan untuk mempermudah pengguna produk Apple mengedit pesan, setelah 15 menit pengguna mengirim pesan, dengan begini penerima tidak dapat melihat catatan pengeditan yang telah dilakukan sang pengirim pesan.

Tak hanya itu di fitur iMessage pengguna juga dapat membatalkan pengiriman pesan setelah mengirimnya selama 2 menit. Untuk mempermudah pengguna ponsel merespons pesan, Apple juga menghadirkan fitur tandai pesan yang dapat dikategorikan menjadi dua bagian yaitu “sudah dibaca” dan “dibaca nanti”.

3. Teks Otomatis

iOS 16 telah menambahkan Teks Otomatis, yang menawarkan transkripsi waktu nyata untuk video, audio, dan percakapan. Ini adalah fitur yang sangat berguna, tidak hanya bagi penyandang disabilitas, tetapi juga bagi pengguna yang ingin melakukan transkrip percakapan.

Fitur yang dinamai Live Caption ini sebelumnya telah lama tersemat pada ponsel Android sejak 2019, dengan tujuan untuk membantu menerjemahkan teks dalam beberapa Bahasa.

4. Deteksi Kecelakaan

Bertepatan dengan rilisnya iPhone 14 series, perwakilan Apple menyampaikan bahwa iOS 16 akan memunculkan fitur anyar yang dapat membantu pengguna di tengah situasi genting seperti kecelakaan, tersesat di hutan belantara, atau mengalami serangan jantung.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas