Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Techno

Webinar Literasi Digital, Pakar Paparkan Kiat-kiat Mengembangkan Bisnis Menggunakan Sosial Media

Webinar ini sebagai bentuk peran aktif Kominfo dalam membantu mengembangkan bisnis UMKM masyarakat di era digitalisasi saat ini. 

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in Webinar Literasi Digital, Pakar Paparkan Kiat-kiat Mengembangkan Bisnis Menggunakan Sosial Media
istimewa
Webinar literasi digital secara daring dengan tema "Kiat-kiat Mengembangan Bisnis menggunakan Sosial Media". 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Para pakar di dunia bisnis dan komunikasi memaparkan kiat-kiat untuk mengembangkan bisnis menggunakan sosial media. Di antaranya, yakni pentingnya menggunakan komunikasi yang positif.

Hal tersebut didiskusikan saat Kementerian komunikasi dan informatika (Kemenkominfo) bersama dengan Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) siberkreasi menyelenggarakan kegiatan Webinar literasi digital secara daring dengan tema "Kiat-Kiat Mengembangan Bisnis menggunakan Sosial Media".

CEO sekaligus Pendiri Coffee Meets Stocks Theo Derick mengatakan sosial media merupakan teknologi pertukaran informasi, ide dan karir melalui jaringan visual beretika merupakan komunikasi penting dalam aktivitas sosial.

Baca juga: Bijak Sebarkan Konten Positif di Jagad Maya, Masyarakat Diajak Tingkatkan Literasi Digital

"Dalam pembuatan konten bahasa komunikasi yang disampaikan harus positif, sopan, mudah dipahami dan jelas tujuannya," ujarnya.

Korwil Bali – Marfindo Indria Trisna Puspita menerangkan, dalam proses penggunaan layanan digital untuk melindungi data pribadi dari kejahatan perlu menggunakan malware.

"Yaitu perangkat lunak untuk mengamankan data," ucapnya. 

Yupi Harri selaku presenter Bali TV mengungkapkan dalam cakap digital kita harus memiliki pola mikir yang edukatif dan menarik.

BERITA TERKAIT

"Terutama dalam pembuatan konten melalui media video, foto untuk diinformasikan kepada masyarakat," imbuhnya.

Webinar ini sebagai bentuk peran aktif Kominfo dalam membantu mengembangkan bisnis UMKM masyarakat di era digitalisasi saat ini. 

Diketahui, berdasarkan survei indeks literasi digital nasional pada tahun 2021 berada di 3,49 dari sekala 1-5 artinya tingkat literasi digital masyarakat Indonesia berada dilevel ‘sedang’.

Baca juga: Puluhan Mahasiswa dari Empat Kampus Ikuti Pelatihan Jurnalistik dan Literasi Digital Kominfo

Kegiatan webinar ini merupakan salah satu upaya kominfo dalam mempercepat transformasi digital segmen kelompok masyarakat menuju indonesia #makincakapdigital.

Kegiatan webinar ini dibuka dengan video sambutan Johnny G Plate Selaku Menteri Komunikasi dan Informatika dan sambutan Samuel A Pengerapan selaku Dirjen Aptika Kominfo serta pemutaran video 4 pilar Literasi Literasi Digital, yaitu Kecakapan Digital, Etika Digital, Budaya Digital, dan Keamanan Digital.

Kementerian Komunikasi dan Informatika RI bersama GNLD Siberkreasi juga terus menjalankan program Indonesia Makin Cakap Digital melalui kegiatan-kegiatan literasi digital yang disesuaikan pada kebutuhan masyarakat. 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas