Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Techno

Punya Peran dalam Penanganan Covid-19, Aplikasi Telemedicine Ini Terima Penghargaan Pemerintah

Platform telemedicine Good Doctor turut memegang peranan penting dalam upaya penanganan terhadap pandemi virus corona (Covid-19).

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Wahyu Aji
zoom-in Punya Peran dalam Penanganan Covid-19, Aplikasi Telemedicine Ini Terima Penghargaan Pemerintah
Istimewa
Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Award kategori Telemedicine diberikan kepada platform kesehatan Good Doctor. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Platform telemedicine turut memegang peranan penting dalam upaya penanganan terhadap pandemi virus corona (Covid-19).

Sejak awal pandemi, ada sederet telemedicine yang berkontribusi mengambil peranan mendukung pemerintah.

Satu diantara sederet platform tersebut adalah Good Doctor Technology Indonesia atau Good Doctor yang telah melakukan berbagai upaya komprehensif untuk mendukung pemerintah dalam mengendalikan pandemi.

Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan secara resmi menunjuk layanan telemedicine ini untuk memberikan telekonsultasi dan isolasi mandiri (isoman) secara gratis kepada seluruh masyarakat Indonesia yang terinfeksi Covid-19 sejak 4 Juli 2021 hingga saat ini.

Melihat kontribusi positif ini, penghargaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Award kategori Telemedicine pun diberikan.

Perlu diketahui, penghargaan penanganan Covid-19 atau PPKM Award ini tidak hanya diberikan kepada sentra vaksinasi dan telemedicine saja.

BERITA TERKAIT

Namun juga laboratorium whole genom sequencing (WGS), media, influencer, organisasi keagamaan, akademisi, negara sahabat, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), organisasi internasional, perusahaan swasta luar negeri, perusahaan swasta dalam negeri, hingga lembaga swadaya masyarakat (LSM).

Dalam acara pemberian penghargaan pada Senin, 20 Maret 2023, Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa keberhasilan ini merupakan kerja keras seluruh komponen bangsa.

Ia pun berharap kerja keras ini dapat diteruskan untuk mengatasi masalah besar lainnya.

"Kita harus terus bergerak sinergis menggerakkan seluruh komponen bangsa. Penanganan pandemi Covid-19 menunjukkan kekuatan kita yang luar biasa sebagai suatu bangsa besar. Apabila kita bekerja seperti penanganan Covid, masalah-masalah lain akan bisa dengan cepat kita selesaikan," kata Jokowi.

Keberhasilan Indonesia menangani pandemi pum memperoleh pengakuan dunia internasional.

Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Tedros Adhanom Ghebreyesus menyatakan bahwa penanganan pandemi di Indonesia termasuk yang terbaik dan cakupan vaksinasinya pun masuk yang terbaik.

Selain itu, Johns Hopkins University pada September 2021 menyatakan bahwa Indonesia sebagai salah satu negara terbaik di dunia dalam menurunkan kasus Covid-19.

Managing Director PT Good Doctor Technology Indonesia, Danu Wicaksana mengatakan pihaknya merasa terhormat menerima penghargaan dari pemerintah atas kontribusi dalam penanganan pandemi.

Baca juga: BPJS Kesehatan Gandeng Good Doctor Antar Obat Pasien Telemedicine

"Penghargaan ini tidak membuat kami berpuas diri, namun kami akan terus meningkatkan akses layanan kesehatan berkualitas dengan teknologi digital kami kepada seluruh masyarakat di Indonesia. Dengan demikian, semakin mendekatkan ketercapaian visi kami, 'Satu Dokter untuk Setiap Keluarga di Indonesia'," tegas Danu.

Sejak awal pandemi, ada berbagai upaya komprehensif yang dilakukan telemedicine ini untuk mendukung pemerintah.

Beberapa di antaranya penyediaan edukasi kesehatan khusus mengenai Covid-19, layanan tes swab, hingga klinik dan vaksin Covid-19.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas