Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Techno

Sejarah Jam Tangan Khusus Militer yang Kini Jadi Dipakai Masyarakat Luas

Tahun 2020 Garmin mengakuisisi sebuah perusahaan analisis data olahraga terkemuka, Firstbeat Analytics.

Penulis: Hendra Gunawan
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Sejarah Jam Tangan Khusus Militer yang Kini Jadi Dipakai Masyarakat Luas
dok.
Garmin Run Club 

Laporan Wartawan Tribunnews, Hendra Gunawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Tak jarang kita jumpai sejumlah orang mengenakan smartphonenya di lengan yang dilengkapi GPS untuk mengukur kecepatan lari, penunjuk waktu hingga panas badan.

Produk GPS pertama awalnya dirancang untuk kebutuhan dunia aviasi dan militer. Garmin kemudian mengembangkan perangkat navigasi personal (PND) pertama di dunia yang terpasang di dasbor dan digunakan secara masif oleh tentara Amerika Serikat di Perang Teluk.

Tahun 2003 - Tim teknisi Garmin dan pegiat lari Claudette Stevenson melingkarkan perangkat GPS genggam yang biasa dipakai untuk naik gunung ke pergelangan tangan.

Dia takjub karena perangkat tersebut dapat mengukur jarak dan kecepatan larinya secara akurat dan efektif yang kemudian memunculkan pertanyaan, kenapa tidak menggunakan GPS portable seperti ini untuk membuat perangkat khusus pelari?

Kemudian muncullah ide sebuah perangkat GPS wearable yang ringkas pada pergelangan tangan untuk membantu pelari.

Hal ini yang membuat pengembangan produk berbasis GPS di pergelangan tangan pertama di dunia yang menyasar pada pelari – the Forerunner 201.

BERITA REKOMENDASI

Tahun 2008, setelah melalui penelitian dan inovasi, Forerunner 405 secara resmi diluncurkan. Model ini menampilkan teknologi antena yang sudah dioptimalisasi besar-besaran dan sebuah desain berevolusi dari tampilan ala komputer ke desain jam tangan.

Inovasi cincin sentuh cerdas pada jam ini memungkinkan pengguna secara cepat menelusuri data seperti jarak, kecepatan dan zona detak jantung. Fitur ‘pelari virtual’ juga diperkenalkan, yang menandakan pengembangan lebih lanjut dari Garmin Running Science.

Setelah itu, Forerunner 310 XT, jam tangan olahraga dengan GPS rilis di 2009 dan dirancang dengan ketahanan air sehingga dapat dipakai berenang dan beralih secara cepat antara berenang, bersepeda dan berlari.

Baca juga: Lebih Ramping, Generasi Terbaru Air Purifier Wearable LG Bisa 8 Jam Digunakan Terus-Menerus

Jam ini secara akurat melacak jarak berenang bahkan di perairan terbuka dan memiliki fitur canggih seperti transmisi nirkabel ANT+, ketahanan baterai 20 hari, dan pemantauan detak jantung eksternal - sempurna untuk triathletes.

Forerunner terakhir di era ini ditandai dengan Forerunner 910XT di tahun 2010. Dengan lengkapnya fungsi triathlon, jam ini ringan, tahan air, dengan konsumsi baterai rendah.

Jam ini memiliki layar besar dan altimeter barometrik serta mampu melacak lebih dari 100 metrik performa dan aktivitas kebugaran.

Baca juga: Bedah Fitur dan Teknologi Yamaha XMAX Connected, Fitur Garmin Memandu Rider Menikmati Touring

Atlet ironman dan pelari ultra maraton tergila-gila dengan jam ini dan menjadikannya sebagai pilihan pertama mereka sebagai jam tangan bergaya modern klasik.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas