Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Techno

Solana Rilis Saga, Smartphone Tenaga Snapdragon 8+ Gen 1 Berbasis Teknologi Blockchain

Ponsel Web3 ini juga memiliki dompet kripto yang memungkinkan penggunanya untuk menyimpan, mengirim, dan menerima aset digital.

Penulis: Namira Yunia Lestanti
Editor: Seno Tri Sulistiyono
zoom-in Solana Rilis Saga, Smartphone Tenaga Snapdragon 8+ Gen 1 Berbasis Teknologi Blockchain
HO
Solana Labs Inc mengumumkan rencana perilisan smartphone terbarunya yang ditenagai Snapdragon 8+ Gen 1 berbasis teknologi blockchain pada 8 Mei 2023. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com Namira Yunia Lestanti

TRIBUNNEWS.COM, NEW YORK – Solana Labs Inc mengumumkan rencana perilisan smartphone terbarunya yang ditenagai Snapdragon 8+ Gen 1 berbasis teknologi blockchain pada 8 Mei 2023.

Pengumuman ini disampaikan langsung oleh perwakilan divisi Solana Mobile di sosial media Twitter pada Jumat (14/4/2023).

Solana menyebut smartphone terbarunya yang dinamai Saga merupakan ponsel kripto Android pertama yang ramah terhadap bisnis kripto.

Baca juga: Solana Sentuh Rekor Tertinggi dalam 6 Pekan Pasca Rilis Data Inflasi AS

Dimana smartphone Solana ini dibekali oleh beberapa fitur web3 seperti layanan untuk membuat NFT dari hasil jepretan kamera, pengelolaan aset digital, serta payment menggunakan kripto.

Selain itu, ponsel Web3 ini juga memiliki dompet kripto yang memungkinkan penggunanya untuk menyimpan, mengirim, dan menerima aset digital.

Kemampuan ini dimiliki Saga, lantaran ponsel besutan Solana itu dilengkapi dengan integrasi teknologi blockchain dan kemampuan mengakses aplikasi dan layanan terdesentralisasi tanpa melalui pihak ketiga.

BERITA TERKAIT

Uniknya ponsel saga dapat terhubung dengan sejumlah layanan dApp Store atau aplikasi yang dibangun di atas jaringan terdesentralisasi diantaranya Audius, Dialect, Jupiter Aggregator, Ledger, Magic Eden, Mango Markets, Marinade, dan Squads.

Selain dApps web3, Saga juga dilengkapi layanan Google Play Store yang memudahkan pengguna berinteraksi dengan aplikasi-aplikasi web2 pada umumnya.

Spesifikasi Ponsel Saga

Berbeda dengan smartphone Android lainnya, dalam pembuatannya Saga dirancang dengan menautkan fitur keamanan yang terintegrasi dalam perangkat Seed Vault OSOM.

Mengutip dari News Bitcoin, hadirnya fitur ini membuat ponsel Saga dapat melindungi hak kepemilikan dompet kripto pengguna melalui mekanisme keamanan yang ketat.

Aplikasi ini juga dirancang agar dapat menjaga keamanan dan privasi pengguna dengan cara yang unik, bahkan sistem operasi Android pun tidak bisa mengaksesnya.

Dari segi kemampuan Saga diklaim telah dibekali komponen chipset premium Snapdragon 8+ Gen 1 Mobile Platform, lengkap dengan ruang penyimpanan yang besar dengan memori 512 GB, dan RAM 12 GB.

Lewat spesifikasi tersebut, Saga mampu menjalankan aplikasi dan game secara cepat dan multitasking.

Bagian kamera ponsel Saga dibekali dengan resolusi 50 megapiksel untuk kamera utama dan 12 megapiksel untuk kamera ultrawide. Meski ponsel Saga sedikit lebih tinggi dan lebih berat ketimbang iPhone 14 Pro Max, dengan layar AMOLED 6,67 inch, resolusi 1080p, serta display hingga 120 Hz.

Namun untuk pengisian daya, ponsel besutan Solana ini diklaim dapat menampung muatan 4.110 mAh charger wireless. Dengan semua kecanggihan yang ditawarkan pada ponsel Saga, Solana sendiri diketahui hanya membandrol ponsel canggih ini seharga 1.000 dolar AS atau sekitar Rp 15 juta.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas