Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Techno

Cara Gunakan Aplikasi Threads Kembaran Twitter: Pengguna Bisa Log In Lewat Akun Instagram

Pasca dirilis Mark Zuckerberg pada akhir pekan lalu, aplikasi Threads yang diklaim sebagai kloningan Twitter terus menjadi sorotan netizen dunia

Penulis: Namira Yunia Lestanti
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Cara Gunakan Aplikasi Threads Kembaran Twitter: Pengguna Bisa Log In Lewat Akun Instagram
Mashable
Logo Threads dan Twitter 

Laporan Wartawan Tribunnews.com Namira Yunia Lestanti

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA –Pasca dirilis Mark Zuckerberg pada akhir pekan lalu, aplikasi Threads yang diklaim sebagai kloningan Twitter terus menjadi sorotan netizen dunia hingga jumlah penggunanya tembus 70 juta.

Di bawah naungan Meta, sosial media besutan Zuckerberg ini bisa mengunggah update dalam bentuk teks dengan batas 500 karakter, lebih panjang ketimbang batas karakter di Twitter versi gratis yang hanya memberikan 280 karakter.

Selain mengunggah teks, pengguna juga bisa menyertakan link, foto, dan video dengan durasi hingga lima menit. Mirip dengan Instagram, feed utama di Threads berisi konten dan postingan yang direkomendasikan dari orang yang Anda ikuti.

Baca juga: Mengenal Threads, Aplikasi Pesaing Twitter yang Baru Diluncurkan Meta

Kendati cara kerja Threads sangat mirip dengan Twitter, namun Zuckerberg mengklaim media sosial besutannya jauh lebih unggul lantaran Threads dibekali fitur berbagi atau share.

Sehingga pengguna bisa membagikan konten mereka melalui Story dan Feed Instagram atau ke aplikasi lainnya seperti Twitter, seperti yang dikutip dari Techcrunch.

Tak hanya itu pengguna Threads juga dapat membatasi siapa yang dapat membalas unggahan ke semua orang di platform, orang yang Anda ikuti, atau hanya pengguna yang Anda sebutkan di postingan Anda.

BERITA TERKAIT

Uniknya untuk bergabung dalam aplikasi ini pengguna cukup menautkan akun Instagram Anda, dengan begitu pengguna yang sudah memiliki akun IG bisa dengan mudah mengakses Threads.

Sementara bagi pengguna yang tidak memiliki akun Instagram, Zuckerberg memberikan opsi lain yaitu signup dengan menggunakan e-mail.

Cara download dan daftar aplikasi Threads

Layanan sosial media berbasis microblogging ini dengan mudah di unduh di toko aplikasi resmi Google Play Store dan Apple App Store. Untuk Threads versi Android, aplikasi ini memiliki file berukuran 75 MB, sedangkan di iOS ukuran filenya lebih besar yakni 250 MB.

Baca juga: Twitter Ancam Ambil Tindakan Hukum terhadap Threads, Tuduh Meta Menyalahgunakan Rahasia Dagang

Setelah proses mengunduh berhasil, pengguna bisa langsung membuka aplikasi dan menghubungkan akun Threads dengan Instagram yang terdaftar.

Selanjutnya pengguna akan diminta mengkonfirmasi beberapa informasi profil, serta diberikan opsi apakah ingin mengikuti orang yang sebelumnya sudah diikuti di Instagram atau tidak, dan menyetujui beberapa akses pengambilan data oleh Meta.

Namun yang perlu diingat, apabila Anda mengaitkan akun Thread dengan Instagram, maka ketika akun Threads dihapus secara permanen maka Instagram Anda ikut menghilang.

Fitur unggulan Threads

Sekilas tampilan Thread memang mirip dengan aplikasi Twitter besutan Elon Musk, namun apabila dilihat lebih detail user Interface dan User Experience (UI/IUX) Threads terlihat berbeda jauh dengan Twitter.

Di bawah kicauan Twitter, terdapat ikon reply, lalu retweet, likes, dan share. Sementara Threads memiliki urutan likes, reply, repost, dan share.

Berbeda dengan Twitter, display name atau handles yang ditampilkan Threads jauh lebih besar dan tebal. Sedangkan cuitan yang diunggah ke publik tidak tebal dan punya ukuran font yang lebih kecil. Dengan begini pengguna bisa lebih mudah membedakan isi cuitan dengan akun yang mengunggah.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas