Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Techno

John Warnock, Pendiri Aplikasi Edit Foto Adobe Tutup Usia

Pendiri Adobe Inc., John Warnock meninggal dunia dalam usia 82 tahun, Sabtu 19 Agustus 2023.

Penulis: Namira Yunia Lestanti
Editor: Choirul Arifin
zoom-in John Warnock, Pendiri Aplikasi Edit Foto Adobe Tutup Usia
Twitter John Warnock
Pendiri Adobe Inc., John Warnock meninggal dunia di usia 82 tahun. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com Namira Yunia Lestanti

TRIBUNNEWS.COM, CALIFORNIA – Salah satu pendiri sekaligus pengembang teknologi perangkat lunak Adobe Inc, John Warnock meninggal dunia di usia 82 tahun, tepat di kediamannya pada Sabtu (19/8/2023).

“Dengan kesedihan yang mendalam saya berbagi bahwa salah satu pendiri kita tercinta Dr. John Warnock meninggal dunia pada usia 82 tahun,” jelas pesan EO Adobe Shantanu Narayen.




Tak dijelaskan secara rinci penyebab dari meninggalnya John Warnock , namun kabar ini menjadi pukulan berat bagi seluruh komunitas dan industri teknologi Adobe.

John Warnock merupakan sosok yang berperan penting dalam mengembangkan perangkat lunak inovatif untuk membantu pengguna mengembangkan teknologi Format Dokumen Portabel, atau PDF.

“Kecemerlangan dan inovasi teknologi John mengubah dunia. Ini adalah hari yang menyedihkan bagi komunitas Adobe dan industri tempat dia menjadi inspirasi selama beberapa dekade,” tambah Narayen.

Karier John Warnock

BERITA TERKAIT

Lahir dan dibesarkan di Salt Lake City, Utah di bagian Barat Amerika Serikat, John Warnock menjadi salah satu sosok penting yang berperan mencetuskan berbagai inovasi yang inovatif seperti Illustrator format file PDF.

Kecerdasan Dr. Warnock membuat Dr. Charles Geschke bersikukuh untuk mengajak Warnock mendirikan Adobe pada tahun 1982, tepatnya setelah bertemu sebagai kolega di acara Xerox.

Baca juga: Adobe Luncurkan Photoshop dan Premiere Elements 2023 dengan Fitur Artificial Intelligence

Lewat berbagai percobaan, keduanya resmi meluncurkan produk pertama mereka yakni Adobe PostScript, yang diklaim sebagai teknologi inovatif yang memicu revolusi penerbitan desktop.

Bahkan berkat teknologi ini keduanya dapat memecahkan kecanggihan Jacobson radikal, lambat laun Adobe kembali berevolusi dengan menghadirkan inovasi - inovatif baru diantaranya seperti tahun 1969, saat Warnock menemukan algoritma Warnock memecahkan masalah render gambar rumit dengan menghindari masalah.

Baca juga: Mengenal Figma, Aplikasi Desain Berbasis Browser yang Dibeli Adobe Seharga 20 Miliar Dolar

Dari sini Warnock dan Chuck menanamkan dorongan tanpa henti untuk inovasi di perusahaan, hingga berhasil menghasilkan beberapa penemuan perangkat lunak yang paling transformatif, termasuk PDF, Acrobat, Illustrator, Premiere Pro, dan Photoshop yang ada di mana-mana. ”

Meski telah pensiun dari Adobe di tahun 200 silam, John masih diamanahi untuk menjadi ketua Dewan Direksi, posisi yang dibagi dengan menggantikan posisi Charles 'Chuck' Geschke, yang meninggal dunia pada tahun 2021.

Baca juga: Adobe Ubah Alat Desain Metaverse untuk Chip di Komputer Apple

Berkat kerja kerasnya, Adobe mencapai rekor pendapatan sebesar 3,94 miliar dolar AS pada kuartal ketiga tahun fiskal 2021.

Penghargaan John Warnock

Kehebatan John dalam menciptakan perangkat lunak telah diakui secara luas, hingga ia dianggap sebagai salah satu penemu terhebat dari generasi ke generasi.

Di antara banyak penghargaan lainnya, Presiden Barack Obama menganugerahinya dengan penghormatan National Medal of Technology and Innovation, penghargaan tertinggi negara yang diberikan kepada ilmuwan, insinyur, dan penemu.

Pada tahun 2008 John Warnock kembali menerima anugerah penghargaan Computer Entrepreneur Award dari IEEE Computer Society atas kontribusinya pada ilmu informasi dan komunikasi.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
berita POPULER
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas