Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Techno

Jurus Asus Kuasai Pasar, Jalin Kolaborasi dengan Perusahaan Teknologi dari Industri Berbeda

Asus saat ini menguasai pasar produk tekniologi, khususnya perangkat komputasi. Ada sejumlah jurus yang dijalankan oleh perusahaan asal Taiwan ini.

Penulis: Choirul Arifin
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Jurus Asus Kuasai Pasar, Jalin Kolaborasi dengan Perusahaan Teknologi dari Industri Berbeda
Istimewa
Asus saat ini menguasai pasar produk tekniologi, khususnya perangkat komputasi. Ada sejumlah jurus yang dijalankan oleh perusahaan asal Taiwan ini. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Choirul Arifin

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Asus saat ini menguasai pasar produk tekniologi, khususnya perangkat komputasi. Ada sejumlah jurus yang dijalankan oleh perusahaan asal Taiwan ini.

Diantaranya mencari peluang dan mengidentifikasi kemungkinan kolaborasi antara perusahaan teknologi dengan brand lain yang datang dari industri yang sama sekali berbeda untuk memperluas cakupan informasi dan juga potensi pengguna dari kedua brand.




Jimmy Lin, Regional Director Asus South East Asia mengatakan, kolaborasi perusahaan teknologi dengan brand lain juga memungkinkan perusahaan membuat sebuah sinergi yang bisa membantu keduanya menciptakan dan membawa branding serta marketing mereka ke level selanjutnya. Lebih dari kampanye marketing yang biasa mereka kerjakan masing-masing.

Baca juga: Apple Mulai Garap iPad Pro versi Baru, Ini Bocoran Spesifikasinya

“Di ASUS, kami selalu berkomitmen menyediakan produk dan solusi yang luar biasa untuk menunjukkan kemampuan perusahaan dalam berinovasi. Sambil tentunya membuat inovasi yang dihasilkan tetap estetik dan terus disempurnakan," ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat 6 Oktober 2023.

Dia mengatakan, mindset ini juga digunakan saat akan melakukan kolaborasi marketing. Mulai dari kolaborasi dengan industri street fashion ke gaming dan digital art. Perusahaannya secara konstan terus mempelajari peluang-peluang baru di pasar dan membuat kolaborasi marketing yang menarik dan mudah diingat.

Lim juga memaparkan kolaborasi marketing Gamify your home adalah konsep mengombinasikan dua dunia yang berbeda, di mana Asus ROG yang bekerjasama dengan Ikea menghadirkan solusi home furnishing ke salah satu komunitas gaming terbesar di dunia.

BERITA TERKAIT

Solusi yang dihadirkan oleh kedua perusahaan menghadirkan perabotan rumah yang erogonomis sekaligus terpersonalisasi. Dengan demikian, siapapun akan dengan sangat mudah membangun lingkungan dengan aura gaming di tempat tinggal masing-masing dengan furnitur serta peralatan gaming yang berbeda-beda.

Produk yang dibuat kedua perusahaan mencakup apapun yang dibutuhkan oleh seluruh pengguna. Mulai dari meja dan kursi, ring light, mouse bungee, tempat aksesoris, dudukan PC desktop, laptop dan lain-lain. Aneka ragam produk-produk pelengkap ekosistem gaming ROG tersebut dipasarkan di jaringan Ikea di seluruh dunia.

Lim juga menjelaskan, teknologi harus mampu beradaptasi dengan gaya hidup dan harus fashionable. Setelah kolaborasi pertama di 2020, Asus dan perusahaan apparel teknik Acronym kembali berkolaborasi dan menggabungkan kemampuan masing-masing dalam membuat desain produk.

Baca juga: Dukung Produktivitas saat Bekerja Hybrid, Ini Rekomendasi Laptop dan PC

Dalam project terbarunya, kali ini Lim menjelaskan Asus telah membuat sebuah laptop gaming edisi khusus ROG Flow Z13 yang sekaligus merupakan tablet terkuat di dunia.

Kerjasama tahap kedua ini membawa produk gaming tersebut ke level yang lebih jauh lagi, khususnya dari sisi strategi marketing, dengan dukungan tim desain Acronym.

Dengan memasukkan elemen fungsional dari desain tas yang sudah ada, dan juga membuat desain spesifik terkait seperti apa seharusnya bentuk tas tablet gaming, Asus ROG dan Acronym membuat ROG Flow Z13-ACRNM RMT02 menjadi lebih versatile dan lebih portabel dibanding model sebelumnya.

Lim juga menjelaskan, teknologi mutakhir harus juga dibarengi dengan seni, kebutuhan dan gaya hidup. Karenanya, seni mampu membuka pikiran dan menjadikan seseorang bisa melakukan hal hebat yang luar bisa di luar yang dibayangkan.

“Kami yakin bahwa seni akan meningkatkan kemampuan orang dalam memecahkan masalah, membuka hati dan pikiran mereka terhadap ide-ide baru. Untuk membuat hal-hal yang biasa dalam hidup kita menjadi hal yang luar biasa, Asus menggandeng psychedelic-pop artist Steven Harrington dalam menciptakan laptop Vivobook 13 Slate OLED edisi khusus," ujarnya.

Asus juga bekerjasama dengan Philip Colbert, seorang seniman kelas dunia untuk menghadirkan Vivobook 13 Slate OLED Philip Colbert edition. Bundel edisi khusus ini menghadirkan perangkat dengan aksesoris eksklusif serta kemasan yang menunjukkan kreativitas dan kepribadian unik sang seniman.

September lalu Asus berkolaborasi dengan brand streetwear fashion terkemuka A Bathing Ape asaluntuk menghadirkan laptop dengan nilai artistik melalui desain eksklusif yang terinspirasi streetwear Bape.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas