Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Techno

Pemanfaatan Teknologi untuk Menjaga Loyalitas Pelanggan

Pelanggan dapat berkomunikasi langsung dengan agen customer service melalui WhatsApp, Line, Telegram, atau Facebook Messenger.

Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Seno Tri Sulistiyono
zoom-in Pemanfaatan Teknologi untuk Menjaga Loyalitas Pelanggan
Shutterstock
Ilustrasi teknologi. Dengan pemanfaatan teknologi, beragam tantangan tersebut tentu akan lebih mudah di atasi. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com Eko Sutriyanto

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Banyak tantangan yang akan dihadapi oleh seorang pebisnis untuk mengembangkan usaha mereka, mulai dari menjangkau konsumen hingga membuat laporan atau report yang dibutuhkan.

Salah satu persoalan yang serius adalah hubungan antara perusahaan dan konsumennya kini memasuki era yang semakin kompleks.

Konsumen dihadapkan oleh banyaknya pilihan saluran komunikasi yang bahkan seringkali digunakan secara bersamaan sehingga mengakibatkan pebisnis kesulitan menjaga loyalitas.

Baca juga: Mantan Menristek: Teknologi Digital Harus Dimaksimalkan Bagi Kepentingan Bangsa dan Negara

"Dengan pemanfaatan teknologi, beragam tantangan tersebut tentu akan lebih mudah di atasi," kata Chief Business Officer Sprint Asia Technology, Rizka Tunnisa dalam keterangannya, Selasa (2/7/2024).

Kondisi ini membuka peluang bagi perusahaan teknologi untuk menciptakan tools yang mampu mengintegrasikan berbagai alat komunikasi dan manajemen.

"Dengan demikian data yang memungkinkan pebisnis untuk lebih efisien dan efektif dalam menjalankan bisnis mereka," katanya.

BERITA TERKAIT

Fakta ini mendorong hadirnya Sandeza Intelligent yang memungkinkan pebisnis bisa berinteraksi dengan pelanggan dalam skala yang lebih besar yang juga tersedia dalam banyak channel.

Mitra resmi Meta untuk penyediaan WhatsApp Bisnis API menghadirkan Sandeza yang memberikan pelayanan mulai pengajuan centang hijau WhatsApp, pengintegrasian chatbot, livechat, customer data platform, hingga distribusi voucher digital bisa dilakukan dalam satu platform.

"Fitur tersedia integrated Channel berbagai aplikasi perpesanan seperti SMS, email, WhatsApp, Line, Facebook Messenger, Telegram, hingga Instagram yang memungkinkan pebisnis menjangkau pelanggan mereka dengan cara yang paling nyaman dan efektif," katanya.

Pelanggan dapat berkomunikasi langsung dengan agen customer service melalui WhatsApp, Line, Telegram, atau Facebook Messenger, memastikan bahwa mereka mendapatkan bantuan yang diperlukan secara real time dan pemberian nilai tambah bagi pelanggan.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas