Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Techno

Nakal Banget, Chatbot Grok AI Sulap Elon Musk Jadi Gembul, Trump Elus Perut Kamala Harris yang Hamil

Chatbot Grok AI milik Elon Musk belakangan menjadi viral di Amerika Serikat yang menampilkan foto-foto dengan deepfake tokoh-tokoh terkemuka.

Penulis: Choirul Arifin
zoom-in Nakal Banget, Chatbot Grok AI Sulap Elon Musk Jadi Gembul, Trump Elus Perut Kamala Harris yang Hamil
NY Post
Foto deepfake Calon Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengelus perut pesaingnya, Kamala Harris yang sedang mengandung. Chatbot Grok AI milik Elon Musk belakangan menjadi viral di Amerika Serikat yang menampilkan foto-foto dengan deepfake tokoh-tokoh terkemuka. Foto-foto tersebut merupakan hasil rekayasa AI pengguna chatbot Grok. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) yang semakin berkembang bisa memanipulasi banyak hal seperti foto hingga video termasuk membuat deepfake yang sulit dinalar hingga yang kengundang kelucuan.

Chatbot Grok AI milik Elon Musk belakangan menjadi viral di Amerika Serikat yang menampilkan foto-foto dengan deepfake tokoh-tokoh terkemuka.

Misalnya, oleh chatbot Grok, kandidat Presiden Amerika Serikat Donald Trump digambarkan sedang mengelus perut pesaingnya, calon Presiden AS Kamala Harris yang sedang mengandung calon bayi Donald Trump layaknya pasangan suami-istri.




Deepfake lainnya, menampilkan Donald Trump berciuman dengan Elon Musk.

Elon Musk sendiri oleh chatbot ini juga ditampilkan sedang leyeh-leyed di bed-nya dengan bertelanjang dada memamerkan perut gembulnya.

Belakangan, Chatbot Grok AI memang banyak membanjiri web dengan gambar-gambar “deepfake” dari semua orang.Jika dilihat hasilnya, memang terlihat jadi sangat aneh hingga benar-benar mengganggu.

Elon Musk meluncurkan chatbot Grok minggu lalu. Sejak diluncurkan perdana pengguna Grok telah membuat gambar palsu Donald Trump sedang merampok sebuah toko serba ada.

Elon Musk gembul OK
Foto deepfake CEO Tesla Elon Musk nyender di bed memamerkan perut gembulnya. Chatbot Grok AI milik Elon Musk belakangan menjadi viral di Amerika Serikat yang menampilkan foto-foto dengan deepfake tokoh-tokoh terkemuka. Foto-foto tersebut merupakan hasil rekayasa AI pengguna chatbot Grok.
BERITA TERKAIT

Foto lainnya, pengguna Grok menampilkan Donald Trump sedang menerbangkan pesawat menuju Menara Kembar di New York.

Ada pula deepfake yang menampilkan mantan Presiden George W. Bush yang menghirup minuman bersoda dari mejanya di Ruang Oval.

User Grok ada juga yang membuat beberapa deepfake mengerikan tampak seperti hasil karya anak-anak — Ronald McDonald yang berlumuran darah mengacungkan senapan mesin di depan kedai Burger King.

Ada juga yang menampilkan Goofy, salah satu karakter klasik di Disney, yang melakukan pembunuhan berdarah dengan gergaji besi.

Kritikus mengecam Musk dan X karena mengizinkan chatbot diluncurkan dengan sedikit batasan, dengan alasan risiko mulai dari misinformasi, pelanggaran hak cipta, hingga merugikan anak-anak.

Baca juga: Meta akan Beri Label pada Konten AI Mulai Mei 2024, Ingatkan Risiko Deepfake

Instruktur Harvard Law Cyberlaw Clinic, Alejandra Caraballo, menyebut perangkat lunak baru ini sebagai “salah satu penerapan AI paling sembrono dan tidak bertanggung jawab yang pernah saya lihat.”

Sejauh ini, Musk hanya menanggapinya dengan gembira.

Pikacu pegang bedil
Foto deepfake boneka Pokemon memegang senjata mesin. Chatbot Grok AI milik Elon Musk belakangan menjadi viral di Amerika Serikat yang menampilkan foto-foto dengan deepfake tokoh-tokoh terkemuka. Foto-foto tersebut merupakan hasil rekayasa AI pengguna chatbot Grok.
Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas