Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Techno

Epic Games Gugat Google dan Samsung Gara-gara Fitur Pemblokiran Otomatis di Ponsel

Epic Games menggugat Google dan Samsung karena dugaan melakukan konspirasi memblokir distribusi aplikasi di perangkat Samsung.

Penulis: Choirul Arifin
zoom-in Epic Games Gugat Google dan Samsung Gara-gara Fitur Pemblokiran Otomatis di Ponsel
dok. Epic Games
Perusahaan pembuat video game Epic Games menggugat Google dan Samsung karena dugaan melakukan konspirasi memblokir persaingan pihak ketiga dalam distribusi aplikasi di perangkat Samsung. 

 

TRIBUNNEWS.COM, LOS ANGELES — Perusahaan pembuat video game Epic Games menggugat Google dan Samsung karena dugaan melakukan konspirasi memblokir persaingan pihak ketiga dalam distribusi aplikasi di perangkat Samsung.

Epic Games mempersoalkan fitur “Pemblokir Otomatis” di perangkat Samsung yang hanya mengizinkan penginstalan aplikasi dari sumber resmi, seperti Samsung Galaxy Store atau Google Play Store.

Fitur ini diaktifkan secara default tetapi dapat diubah di pengaturan telepon. Alat ini mencegah instalasi aplikasi dari sumber yang tidak sah dan memblokir “aktivitas berbahaya,” menurut Samsung.

Dalam gugatan yang diajukan di pengadilan federal San Francisco, Amerika Serikat, perusahaan mengatakan Pemblokiran Otomatis “hampir dijamin akan memperkuat dominasi Google atas distribusi aplikasi Android.”

Epic merupakan pengembang game populer “Fortnite,” dan ini merupakan gugatan kedua kalinya yang diajukan perusahaan tersebut terhadap Google.

Kali ini Epic Games mengajukan gugatan untuk mencegah Google “meniadakan janji persaingan yang telah lama tertunda di Pasar Distribusi Aplikasi Android,” menurut pengaduan tersebut.

BERITA REKOMENDASI

“Membiarkan transaksi anti-persaingan ilegal yang terkoordinasi ini berlanjut akan merugikan pengembang dan konsumen serta melemahkan keputusan juri dan kemajuan regulasi dan legislatif di seluruh dunia,” kata Epic Games dalam sebuah postingan di situsnya.

Google tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Sementara Samsung mengatakan pihaknya “secara aktif mendorong persaingan pasar, meningkatkan pilihan konsumen, dan menjalankan operasinya secara adil.”

“Fitur-fitur yang terintegrasi ke dalam perangkat kami dirancang sesuai dengan prinsip inti Samsung yaitu keamanan, privasi, dan kontrol pengguna, dan kami tetap berkomitmen penuh untuk melindungi data pribadi pengguna."

" Pengguna mempunyai pilihan untuk menonaktifkan Pemblokir Otomatis kapan saja,” klaim Samsung.

Baca juga: Demi Pangkas Pengeluaran, Epic Games PHK 830 Karyawan

Samsung bilang bahwa mereka berencana untuk “menyangkal keras klaim tak berdasar dari Epic Game.”

Epic meluncurkan Epic Games Store di iPhone di Uni Eropa dan perangkat Android di seluruh dunia pada bulan Agustus.

Fortnite OK
Fortnite, salah satu game populer buatan Epic Games.
Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas