Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Si Mulus Musirawas

Hanya saja hati-hati dengan segerombolan ternak yang kadang menyeberang jalan.

Editor: Mohamad Yoenus
zoom-in Si Mulus Musirawas
Dok Sriwijaya Post
Jalan mulus. 

TRIBUNNEWS.COM, MUSIWARAS - Jalan lintas Sumatera (Jalinsum) yang berada di Kabupaten Musirawas berbeda nasib dengan wilayah lain di Sumatera Selatan.

Jalinsum ini relatif mulus. Bahkan, bukan hanya Musirawas yang memiliki jalan layak untuk dilewati, dua kabupaten/kota lainnya, Kota Lubuklinggau dan Kabupaten Musirawas Utara (Muratara) juga nyaman untuk dijelajahi.

Pantauan Tour de Sumatera, Jalinsum yang melintasi Kota Lubuklinggau, mulai dari wilayah Lubukkupang atau perbatasan dengan Kabupaten Musirawas di sebelah selatan hingga ke pusat kota, kondisinya sangat baik.

Demikian pula kondisi Jalinsum mulai dari tengah kota, atau dari Simpang Tiga Lintas menuju ke arah utara hingga ke perbatasan di Kelurahan Tanjungraya.

Untuk arah utara ini, hanya ada satu titik lubang, yaitu di simpang Kelurahan Durianrampak dan Tanjungraya, atau sekitar 50 meter sebelum jembatan Tanjungraya, jika dari arah kota menuju utara.

Namun lubang di ruas jalan ini tak begitu besar, dan tidak terlalu mengganggu.

Selepas dari Tanjungraya Kota Lubuklinggau, atau mulai memasuki Kecamatan Selangit Kabupaten Musirawas, kondisi jalinsum nihil lubang.

BERITA REKOMENDASI

Kondisi ini terus berlanjut hingga memasuki perbatasan Kabupaten Musirawas dengan Kabupaten Muratara di Kecamatan Terawas dan Kecamatan Karangjaya.

Berada di wilayah Muratara, mulai dari Kecamatan Karangjaya, Rupit hingga Rawasulu, atau sampai perbatasan Provinsi Jambi, kondisi jalannya juga cukup mulus dengan jalur lurus.

Namun demikian, pengemudi diharap berhati-hati lantaran jalan lurus nan mulus ini kadang membuat terlena.

Rasa kantuk bisa saja datang saat melintasi jalur yang dikelilingi pemukiman warga.

Satu hal yang mesti diwaspadai adalah ulah warga yang menyeberangi jalan dengan membawa ternak kerbau secara bergerombol.

Terpisah, Jalinsum di wilayah Muarabeliti Kabupaten Musirawas menuju Kabupaten Empatlawang, kondisinya juga relatif bagus.

Walaupun ada lubang, tapi tak terlalu mengganggu. Jalan di wilayah ini agak berkelok.

Bagi anda yang memilih jalan alternatif menuju arah Sekayu, Musibanyuasin tidak perlu khawatir.

Kondisi jalan pun cukup baik. Melintasi Kecamatan Muarabeliti, Tuahnegeri, Muarakelingi hingga sampai ke Kecamatan Muaralakitan atau perbatasan Kabupaten Musirawas dengan Kabupaten Musibanyuasin, kondisinya lumayan bagus.

Hanya saja di beberapa titik ruas jalan ini (hingga berita ini ditulis) masih dalam perbaikan.

"Untuk Jalinsum Desa Remayu dan Desa Lubukrumbai, Kecamatan Tuahnegeri dan Desa Mambang dan Desa Binginjungut, Kecamatan Muarakelingi, sebagian berlobang, karena sedang dalam perbaikan. Namun kondisinya belum diaspal. Di empat desa tersebut rawan lakalantas, banyak tikungan dan jalan yang masih perbaikan," kata Kapolres Musirawas AKBP Nurhadi Handayani melalui Kapolsek Muarakelingi, Iptu Dedi Rahmad Hidayat. (zie/sripo)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas