Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Istana Maimun di Medan dan Pesona Eksterior, Interior, Musik Tradisional Serta Kekayaan Koleksinya

Inilah Istana Maimun di Medan dengan pesona eksterior, interior, musik tradisional dan kekayaan koleksi di dalamnya.

Editor: Agung Budi Santoso
zoom-in Istana Maimun di Medan dan Pesona Eksterior, Interior, Musik Tradisional Serta Kekayaan Koleksinya
TRIBUN MEDAN/ SILFA HUMAIRAH
Wisatawan sedang mengabadikan diri dengan berfoto di dalam Istana Maimun di Kota Medan. 

Wisatawan cilik berpose di dalam Istana Maimun dengan busana adat

Selain bergaya arsitektur Spanyol, pengunjung juga disuguhkan pola arsitektur Belanda dari bentuk pintu dan jendelanya yang lebar dan tinggi serta prasasti marmer di depan tangga ditulis dengan huruf Latin dalam bahasa Belanda.

Uniknya lagi, tidak berhenti sampai di situ. Pengaruh arsitektur Timur Tengah juga terlihat dari bentuk lengkung di bagian atap yang bentuknya menyerupai perahu terbalik (lengkung persia) yang biasanya dijumpai pada bangunan-bangunan di kawasan Timur Tenggah.

Ruang-ruang Cantik yang Mencuri Perhatian

Istana Maimoon memiliki ruang-ruang utama yang dihiasi peninggalan barang asli Kesultanan Deli. Ada kursi sultan saat menyambut tamu kehormatan, kursi untuk berkumpul keluarga dan ruang yang digunakan untuk penobatan Sultan Deli.

Ruang tersebut juga menjadi tempat sultan menerima kunjungan sanak saudara dan keluarga di hari libur Islam.

BERITA REKOMENDASI

Ruang tengah tak kalah menohak mata pengunjung. Ada singgasana Melayu yang kerap dipakai untuk panggung pengantin dipajang di ruang tersebut.

Para pengunjung bebas berfoto di singgasana tersebut. Bahkan bisa menyewa pakaian adat Melayu Rp 10.000 untuk berfoto di singgasana tersebut lengkap dengan aksesoris keris untuk pakaian adat laki-laki dan hiasan rambut untuk pakaian adat perempuan.

Aneka Koleksi

Bangunan bersejarah ini terbuka untuk umum setiap hari dari pukul 08.00 hingga 17.00 WIB. Tarif masuknya Rp 5.000.

Pengunjung bisa menelusuri keindahan dan kemegahan Istana Maimun dari balik dindingnya yang kokoh. Melihat koleksi keris Sultan Deli, koleksi perabotan makan atau aksesoris penjamuan tamu kehormatan seperti piring ukir, dan gelas teh.

Adapula lampu kristal khas Eropa, kursi, meja maupun lemari hingga puluhan koleksi istananya. Di sini pengunjung juga bisa melihat koleksi foto masa kejayaan Sultan Deli dari masa ke masa. Dan lukisan wajah para sultan dari ke masa-masa pula.

Kemewahan interior dan bangunan fisik istana ini dimungkinkan karena sejak 2 abad silam wilayah Deli berada di bawah Kesultanan Deli yang mengelola hasil perkebunan, minyak, dan rempah-rempah yang melimpah.

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
berita POPULER
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas