Tribun

Wisata NTT

Jeruk Keprok SoE-NTT, Idola di Istana Presiden

Informasi yang dihimpun pesona jeruk Keprok SoE menjadikan buah ini sebagai salah satu buah idola di Istana Presiden RI di Jakarta.

Editor: Mohamad Yoenus
zoom-in Jeruk Keprok SoE-NTT, Idola di Istana Presiden
Pos Kupang/Muhlis Al Alawi
Jeruk Keprok SoE NTT, buah khas oleh-oleh NTT yang dijajakan di kawasan lima kilometer sebelum masuk ibu kota Kabupaten Timor Tengah Selatan atau sekitar 105 kilometer dari Kota Kupang. 

Laporan Wartawan Pos Kupang, Muhlis Al Alawi

TRIBUNNEWS.COM, KUPANG - Bila Anda berkunjung ke Kupang-NTT dalam rentang waktu April hingga Agustus, jangan lupa membeli oleh-oleh yang satu ini.

Ya, oleh-oleh berjenis buah-buahan ini pantas menjadi bingkisian hadiah bagi keluarga atau kerabat Anda saat meninggalkan NTT.

Namanya, Jeruk Keprok SoE, komoditas unggulan buah-buahan asal Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) yang memiliki cita rasa luar biasa.

Untuk mendapatkan Jeruk Keprok SoE, tidaklah susah. Anda dapat menjumpai di pedagang-pedagang ecer di jalan masuk Pasar Kasih Naikoten Kota Kupang.

Namun bagi Anda pencinta buah bulat warna orange ini, tidak salah kalau berburu buah ini langsung di kota asalnya, Kota SoE, Kabupaten Timor Tengah Selatan.

Lima kilometer sebelum masuk ibu kota Kabupaten Timor Tengah Selatan atau sekitar 105 kilometer dari Kota Kupang, puluhan pedagang menjual Jeruk Keprok SoE yang dipasang pada masing-masing lapak mereka.

Para pedagang menata apik dengan membuat satu persatu kumpulan jeruk berisi empat hingga lima buah. Harganya pun bervariasi tergantung besar kecil jeruk yang dijual.

jeruk keprok
Bagian dalam Jeruk Keprok SoE NTT. (Pos Kupang/Muhlis Al Alawi)

Untuk jeruk berukuran besar, satu kumpul berisi empat buah dihargai Rp 20.000. Sementara satu kumpul berukuran sedang berisi lima buah dihargai Rp 15.000.

Sedangkan satu kumpul berisi lima buah jeruk berukuran kecil dihargai Rp 10.000. Harga yang ditawarkan penjual bisa turun manakala Anda lihai menawarnya.

Tiga kumpul jeruk berukuran besar dapat Anda tawar dengan harga Rp 50.000.

Bahkan bila Anda penggila buah jeruk, Anda dapat berburu langsung ke petani jeruk yang tersebar di beberapa kecamatan di Kabupaten Timor Tengah Selatan.

Sensainya tentu akan berbeda bila Anda memetik langsung buah jeruk dari pohonnya dan langsung memakannya.

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas