Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pusat Oleh-oleh Banyuasin: Berburu Kuliner Khas dan Kerajinan Tangan dari Bumi Sedulang Setudung

Kabupaten Banyuasin akhirnya memiliki pusat oleh-oleh berisi kuliner khas dan hasil kerajinan tangan warga asal 19 kecamatan di Bumi Sedulang Setudung

Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Pusat Oleh-oleh Banyuasin: Berburu Kuliner Khas dan Kerajinan Tangan dari Bumi Sedulang Setudung
istimewa
Ketua TP PKK Kabupaten Banyuasin, Vinita Citra Karini memperlihatkan salah satu makanan olahan dari ikan yang dijual di pusat oleh-oleh di Kabupaten Banyuasin, Sumsel. 

Laporan Wartawan Tribun Sumsel, Jhoni

TRIBUNNEWS.COM, BANYUASIN - Kabupaten Banyuasin akhirnya memiliki pusat oleh-oleh berisi kuliner khas dan hasil kerajinan tangan warga, asal 19 kecamatan di Bumi Sedulang Setudung.

banyuasin
Sejumlah ibu PKK melihat-lihat berbagai jenis dan motif batik dan songket yang dijual di pusat oleh-oleh di Kabupaten Banyuasin, Sumsel. (ist)

Pusat oleh-oleh tersebut yang berada di sisi Jalan Lintas Timur (Jalintim) Sumatera KM 42 Kelurahan Kayu Are Kuning, Kecamatan Banyuasin III, Kabupaten Banyuasin.

Pusat hasil kerajinan tangan yang berupa olahan makanan dan hasil kerajian di bawah binaan TP Penggerak PKK Banyuasin diresmikan oleh Ketua TP PKK Sumatera Selatan (Sumsel), Hj Eliza Alex Noerdin, Rabu (5/8/2015).

“Pusat oleh-oleh khas Kabupaten Banyuasin ini merupakan wadah kerajinan tangan dan olahan makanan yang menjadi kekayaan sumber daya alam di 19 kecamatan Kabupaten Banyuasin. Kita harapkan hasil olahan itu mendapatkan tempat di tengah masyarakat,” ungkap Ketua TP Penggerak PKK Banyuasin, Vinita Citra Karini sesaat peresmian tersebut.

Pihaknya optimis olahan makanan dan kerajinan tangan yang memiliki ciri khas Bumi Sedulang Setudung ini mempunyai kualitas prima.

Di samping itu, produk Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) yang dipasarkan terpusat akan semakin mempermudah masyarakat untuk mendapatkannya.

 banyuasin
Bujang Gadis Banyuasin memperlihatkan varian produk lokal yang dijual di pusat oleh-oleh di Kabupaten Banyuasin, Sumsel. (ist)
BERITA TERKAIT

Keuntungan lainnya dapat meningkatkan kesejahteraan keluarga di wilayah Banyuasin.

Sementara itu, Ketua TP PKK Provinsi Sumsel sekaligus Penasehat Forsikada menyempatkan diri menggunting pita peresmian pusat oleh-oleh khas Banyuasin.

Ia memuji keberhasilan TP PKK Banyuasin untuk mendirikan pusat oleh-oleh Banyuasin.

Harapannya, Kabupaten dan Kota di Sumsel mampu meniru langkah yang dilakukan TP PKK Banyuasin dibawah kepemimpinan Vinita Citra Karini SE MSi.

"Selamat atas berdirinya pusat oleh-oleh ini, mudah-mudahan seluruh perajin olahan makanan dan kerajinan Banyuasin semakin terkoordinir untuk mempromosikan kerajinannya dan produk-produk khas Banyuasin bisa terkenal dil luar Banyuasin bahkan nasional," ungkapnya.

Sumber: Sriwijaya Post
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas