Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Belajar Budaya Batak Sambil Berwisata di Museum Batak Balige dan TB Silalahi Center

Di museum tersebut, wisatawan akan dipaparkan pemandangan peninggalan sejarah dari Batak Toba, Simalungun Karo, Mandailing, Pakpak dan Angkola.

Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Belajar Budaya Batak Sambil Berwisata di Museum Batak Balige dan TB Silalahi Center
tribun medan/silfa humairah
Museum Batak Balige yang berada di Jalan Pagar Batu No 88 Balige, Toba Samosir, Sumatera Utara menyimpan segudang benda bersejarah Suku Batak. 

Laporan Wartawan Tribun Medan, Silfa Humairah

TRIBUNNEWS.COM, TOBA - Museum Batak Balige yang berada di Jalan Pagar Batu No 88 Balige, Toba Samosir, Sumatera Utara menyimpan segudang benda bersejarah Suku Batak.

Suku Batak menjadi identitas dan suku mayoritas di sekitaran Simalungun, khususnya masyarakat Danau Toba.

Hal itu tentu menjadi daya pikat wisatawan untuk banyak mengetahui lebih banyak tentang Suku Batak.

museum
Wisatawan juga akan melihat koleksi pakaian dari abad keenam puak Batak, miniatur Huta Batak yang berisi rumah tradisional Batak Toba yang telah berusia ratusan tahun.  (Tribun Medan/Silfa)

Wisatawan yang sedang berkunjung di Danau Toba bak ditarik juga untuk mengunjungi Museum Batak Balige yang berada di kawasan TB Silalahi Center.

Museum ini terdapat berbagai ornamen yang memaparkan sekaligus menjelaskan tentang budaya Batak.

BERITA TERKAIT

Hal ini tentu tidak akan ditemui di museum lain dan di kota lain.

Ribuan koleksi artefak budaya batak memenuhi Museum Balige, dan koleksi benda peninggalan TB Silalahi di bangunan sebelahnya.

Di museum tersebut, wisatawan akan dipaparkan pemandangan peninggalan sejarah dari Batak Toba, Simalungun Karo, Mandailing, Pakpak dan Angkola yang banyak didokumentasikan pengunjung.

 musuem
Pengunjung foto di depan bekas mobil dinas TB Silalahi semasa menjabat sebagai menteri.  (Tribun Medan/Silfa)

Hal itu banyak yang tidak diketahui wisatawan, khususnya yang datang dari luar kota, bahwa banyak suku yang serumpun dengan suku Batak.

Di sana ada juga beberapa jenis senjata khas Batak usianya mencapai puluhan hingga ratusan tahun, yaitu hujur (tombak), podang (pedang), piso (pisau), sior (panah dan busur), ultop (sumpit), dan bodil (senapan).

Wisatawan juga akan melihat koleksi pakaian dari abad keenam puak Batak, miniatur Huta Batak yang berisi rumah tradisional Batak Toba yang telah berusia ratusan tahun, hingga miniatur gale-gale atau patung yang dapat menari khas Batak.

Bagi wisatawan yang tertarik pada aksara Batak Toba juga dapat menelisik perangkat hurufnya. Aksara Batak tersebut dianggap sebagai tata bahasa pertama di Hindia Belanda yang disusun secara ilmiah.

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas