Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Festival Makanan Korea di Kota Kasablanka: Setelah K-Pop Kini Giliran K-Food 'Serbu' Jakarta

Mau cicip? Silakan datang ke K-Food Fair Indonesia 2015 di Mall Kota Kasablanka, Jakarta, pada Sabtu dan Minggu, 17-18 Oktober 2015.

Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Festival Makanan Korea di Kota Kasablanka: Setelah K-Pop Kini Giliran K-Food 'Serbu' Jakarta
Tribunnews/Ali Rahman
Satu di antara makanan Korea yang ditawarkan dalam pameran di Kota Kasablanka, Jakarta. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ali Rahman Mutajalli

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Setelah K-Pop sukses menggaet hati masyarakat di berbagai belahan dunia, termasuk di Indonesia, kini giliran K-Food atau Korean Food yang mulai merambah pasar Indonesia.

Korea sadar betul, bahwa Indonesia merupakan negara yang sangat potensial untuk memperkenalkan berbagai jenis makanannya.

Untuk itu beberapa perusahaan makanan asal Korea berlomba mendapatkan sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) sebagai syarat beredarnya makanan Korea di Indonesia.

barojuk
Barojuk, bubur Korea.  (Tribunnews/Ali Rahman)

Korea sebenarnya sudah memiliki organisasi sertifikasi halal yaitu Korea Muslim Federation (KMF), namun saat ini organisasi tersebut masih memproses kerjasama cross-certification dengan MUI.

Sehingga kedepan, makanan Korea yang sudah disertifikasi halal oleh KMF bisa langsung masuk di pasar Indonesia.

BERITA TERKAIT

Untuk masyarakat Korea sendiri, mereka masih beranggapan bahwa makanan halal hanya untuk muslim saja.

Namun setelah Presiden Korea berkunjung ke Arab Saudi, barulah Pemerintah Korea sadar bahwa makanan halal untuk seluruh kalangan masyarakat.

"Tugas pemerintah Korea sekarang yaitu merubah mindset masyarakat Korea bahwa makanan halal bukan hanya untuk muslim saja, melainkan untuk seluruh kalangan masyarakat, makanan halal lebih higienis, sehat, dan enak," ujar Jae Su Kim, Presiden aT (Korea Agro-Fisheries and Food Trade Corporation) di Hotel Mulia, Jakarta, Jumat, (16/10/2015).

korea
Korean Food. (Tribunnews/Ali Rahman)

Korea menjamin bahwa makanan halalnya lebih aman, sehat, dan higienis.

Untuk memperkenalkan dan lebih mendekatkan makanan Korea dengan lidah masyarakat Indonesia, Korean Ministry of Agriculture, Food and Rural Affairs (MAFRA) bekerjasama dengan Korea Agro-Fisheries and Food Trade Corporation menggelar K-Food Fair Indonesia 2015.

Bagi masyarakat yang ingin mencicipi lezatnya beragam varian makanan Korea, silakan datang ke K-Food Fair Indonesia 2015 di Mall Kota Kasablanka, Jakarta, pada Sabtu dan Minggu, 17-18 Oktober 2015.

Pada acara ini pengunjung bisa mencoba berbagai macam makanan khas Korea yang terdapat di berbagai booth yang khusus menyajikan makanan Korea dengan sertifikasi halal.

Selain itu pengunjung akan diajak untuk turut serta menyaksikan proses pembuatan kimbab sepanjang 42 meter.

Kimbab merupakan salah satu makanan wajib masyarakat Korea. Terbuat dari nasi yang dibalut rumput laut kering dengan isian yang bervariasi.

Kimbab biasanya dikonsumsi pada saat liburan atau bisa juga sebagai pengganti makan siang yang ringan.

Bukan hanya makanan, pada acara K-Food Fair Indonesia 2015 juga akan menampilkan berbagai pertunjukan khas negara Korea.

Pengunjung bisa menyaksikan martial art, mencoba pakaian tradisional Hanbok, dan mempelajari seni melipat kertas.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas