Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Durian Susu Molek: Dagingnya Tebal, Manis, dan Tak Lengket, Hanya Ada di Desa Kebonsari Magelang

Durian Susu Molek berbentuk jumbo alias besar dengan bobot sekitar 5-10 kilogram menjadikannya buah yang cukup menggiurkan.

Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Durian Susu Molek: Dagingnya Tebal, Manis, dan Tak Lengket, Hanya Ada di Desa Kebonsari Magelang
Kompas.com/Ika Fitriana
Buah durian khas Candimulyo, Kabupaten Magelang. 

TRIBUNNEWS.COM, MAGELANG - Inilah durian "Susu Molek", durian varietas baru yang mulai dikembangkan oleh para petani durian di Kecamatan Candimulyo, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Durian ini diyakini memiliki keunggulan dibanding buah durian lainnya, termasuk durian "Candy" yang sudah lama menjadi durian unggulan di lereng Merbabu ini.


Durian Susu Molek berbentuk jumbo alias besar dengan bobot sekitar 5-10 kilogram menjadikannya buah yang cukup menggiurkan.

Buah ini disebut memiliki kualitas daging yang tebal, berwarna putih, terasa manis, tidak lengket serta mampu bertahan 20 hari.

"Durian susu molek ini hanya tumbuh di Desa Kebonsari, Kecamatan Candimulyo. Bahkan, pohonnya hanya hanya dimiliki satu orang yakni Pramono," kata Puguh Djaka Sulitya, koordinator Asosiasi Masyarakat Petani, Buruh dan Pedagang Durian Candimulyo (Amrih Dadi Mulyo), Jumat (4/3/2016).

Puguh menjelaskan nama susu molek diberikan kepada durian ini lantaran bentuk buah yang diasumsikan mirip dengan payudara perempuan.

BERITA TERKAIT

Pohonnya pun diyakini berusia puluhan tahun dan hampir ratusan tahun dengan ketinggian sekitar 25 meter dan diameter sekitar dua meter.

"Namun sejauh ini petani belum memikirkan regenerasi pohon durian susu molek," ucap Puguh.

Puguh berharap, dengan adanya durian susu molek ini akan menjadi ikon baru Kecamatan Candimulyo yang memang dikenal sebagai sentra durian dan buah eksotik di Kabupaten Magelang.


Awal tahun ini, pihaknya pun mulai merintis kawasan terpadu sentra durian Candimulyo, tepatnya di Desa Kembaran, Tegalsari dan Kebonsari.

Selain itu, pihaknya juga menanam setidaknya 9.000 bibit pohon durian dari tiga varietas asli Candimulyo, yakni Dandang Sariti, Susu Molek, dan Jowongso bersamaan dengan acara Pesta Durian yang digelar pada tanggal 4-6 Maret 2016.

“Masing-masing varietas akan kami tanam sekitar 3.000 bibit," sebut dia.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas