Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Tak Ada Api Unggun Saat Berkemah? Ini Cara Bikin Nyapa Api dari Jeruk Lemon

Tak ada api unggun, ini cara bikin bara api dari jeruk lemon.

Editor: Agung Budi Santoso
zoom-in Tak Ada Api Unggun Saat Berkemah? Ini Cara Bikin Nyapa Api dari Jeruk Lemon
metro.co.uk
Nyala api dari jeruk lemon. 

TRIBUNNEWS.COM - Pernahkah Anda mendengar bahwa kita bisa membuat api dari sebuah lemon. Perlu diketahui, ini sejatinya percobaan ilmiah klasik. Tapi pernahkah Anda benar-benar tahu bagaimana orang-orang membuat api dari lemon?

Jika belum, ada baiknya kita melihat video berikut. Dalam video ini dijelaskan bagaimana kita juga bisa membuat api dari sebuah lemon—tentu saja dibantu dengan peralatan-peralatan sederhana lainnya.

Sebelum melihat videonya, ada baiknya kita mempersiapkan peralatan yang dibutuhkan. Antara lain jeruk nipis, 6 pin tembaga, 6 paku seng, wol baja, dan kabel kawat.

Sebelum memulai percobaan, mari kita lihat video berikut:

Untuk memulai percobaan (pastikan kita melaukannya di lingkungan yang aman), peraslah lemon sedikit saja. Tancapkan 6 pin tembaga secara sejajar di salah satu buah, sedalam sekitar 1 cm. Lakukan hal yang sama dengan paku seng di sisi yang lain, dan pastikan tidak saling bersentuhan.

Langkah selanjutnya, hubungkan pin tembaga pertama dengan paku kedua menggunakan kabel kawat, pin kedua dengan paku ketiga, pin ketiga dengan paku keempat, dan seterusnya. Pastikan bahwa pin keenam dan paku pertama tidak terhubung, tapi tetap terikat dengan kabel.

BERITA REKOMENDASI

Lalu siapkan wol baja yang di atasnya sudah ditaruh bahan-bahan yang mudah terbakar. Untuk menciptakan, gesekkan kabel pada pin keenam dan paku pertama pada wol baja yang di atasnya terdapat benda mudah terbakar itu.

Viola, api akan menyala.  (Moh. Habib Asyhad)

Sumber: Intisari
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
berita POPULER
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas