Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Selfie di Taman Labirin Ini Dijamin Hasilnya Akan Sangat Bagus

Tak berlebihan jika kini ada yang menyebut Tanahlaut (Tala) adalah surganya wisata alam di Kalimantan Selatan. Salah satunya Taman Labirin.

Editor: Agung Budi Santoso
zoom-in Selfie di Taman Labirin Ini Dijamin Hasilnya Akan Sangat Bagus
BANJARMASIN POST/ IDA ROYANI
Remaja wanita sedang berfoto di Taman Labirin Pelaihari. 

Laporan Wartawan Banjarmasin Post, Idda Royani

TRIBUNNEWS.COM - Tak berlebihan jika kini ada yang menyebut Tanahlaut (Tala) adalah surganya wisata alam di Kalimantan Selatan.

Hal ini karena banyaknya ragam jenis objek wisata yang tersaji di daerah agraris ini.

Bisa dibilang semua objek wisata ada di Bumi Tuntung Pandang tersebut. Mulai dari wisata pantai, air terjun, gua, pegunungan, pulau makam keramat, kuliner, dan labirin.

Labirin merupakan objek wisata baru di Tala yang makin ramai dikunjungi pelancong sejak setahun terakhir.


Asyik selfie di Taman Labirin Pelaihari  (Banjarmasin Post/ Idda Royani)

Letaknya di Desa Tambangulang, Kecamatan Tambang, berjarak 14 kilometer dari Pelaihari (ibu kota Kabupaten Tala) atau 51 kilometer dari Kota Banjarmasin. Sangat mudah dijangkau karena berada di tepi jalan poros Trans Kalimantan arah Banjarmasin-Pelaihari dan banyak angkutan umum yang melintasi jalur ini.

Daya tariknya begitu luar biasa, karena satu-satunya di Kalsel. Apalagi Labirin Pelaihari berada pada area agrowisata yang sangat luas dan di dalamnya pelancong bisa menikmati objek wisata lainnya seperti danau buatan, flying fox, rusa tutul, penangkaran bibit obat-obatan langka, dan lainnya.

BERITA TERKAIT

"Subhanallah, sungguh indah panorama alamnya. Ya Labirinnya, danaunya, dan lainnnya. Saya puas," ucap Saniyya, pelancong dari Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah.

Pekan lalu ia bersama beberapa temannya pelesiran ke Labirin Pelaihari. Ia mengaku rasa lelahnya selama 3,5 jam perjalanan sejauh 96 kilometer langsung sirna begitu tiba pintu masuk tersuguhi asrinya jejeran pohon penghijauan yang memagari jalan, sungguh menyejukkan mata.

Tempat pertama yang ia kunjungi adalah Labirin. Langsung saja dirinya bersama rombongan menyusuri 'lorong-lorong' tumbuhan (sejenis pohon teh) yang membentuk pola unik setinggi sekitar 1,8 meter.

Jika salah jalan, maka akan tersesat dan harus kembali dari awal. Ini lah keunikan dan daya tarik Labirin. Kelegaaan langsung terasa ketika berhasil mencapai menara setinggi 3,5 meter yang terletak tengah area.

Pelancong bisa menaikinya dan bakal menikmati pola unik labirin tersebut, sekaligus bisa menikmati panorama alam sekitar yang begitu indah.

"Saat bisa keluar dari lorong-lorong labirin, ada kepuasan batin, seperti ngerasa keluar dari masalah. Lega banget rasanya. Lalu, saat di menara, serasa segera sampai ke hati. Teriknya matahari gak kegubris lagi," tutur Saniyya.


Taman Labirin Pelaihari  (Banjarmasin Post/ Idda Royani)

Bagi lajang berwajah imut ini, labirin bukan cuma taman yang unik. Lebih dari itu menyiratkan sebuah pembelajaran bahwa tiap masalah pasti ada jalan keluarnya. Tergantung kepada manusianya, apakah bisa sabar atau tidak seperti ketika menyusuri labirin yang dipenuhi lorong-lorong yang sebagian buntu.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas