Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kwetiau Goreng Malaysia yang Populer di Lidah Wong Kito Galo, Palembang

Ini kwetiau goreng Malaysia yang sudah cukup ramah di lidah Wong kito galuh, orang Palembang.

Editor: Agung Budi Santoso
zoom-in Kwetiau Goreng Malaysia yang Populer di Lidah Wong Kito Galo, Palembang
SRIWIJAYA POST/ RAHMALIYA
Kwetiau goreng khas Malaysia sajian dari My Kopi O!, yang berlokasi di Kompleks pertokoan Rajawali Village, Jalan Rajawali Palembang, Sumatera Selatan (Sriwijaya Post/ Rahmaliya) 

Laporan Wartawan Sriwijaya Post, Rahmaliya

TRIBUNNEWS.COM, PALEMBANG - Char Kway Teow’ atau kwetiau goreng adalah salah satu makanan Malaysia yang paling populer di antara semua suku bangsa. 

 Namanya berasal dari istilah Hokkian untuk 'goreng' yaitu 'char,' sementara 'kway teow' mengacu pada bahan utamanya, 'kwetiau.'




Namun, untuk mencicipi kelezatannya tak perlu jauh-jauh ke Negeri Jiran,  karena bagi warga Palembang bisa menyambangi sebuah restoran yang terletak di Jalan Rajawali Palembang, tepatnya di Kompleks pertokoan Rajawali Village, namanya My Kopi O!


Suasana bersantap di Resto My Kopi O! Palembang (SRIWIJAYA POST/ RAHMALIYA)

Tak hanya menyajikan kopi sebagai minuman andalan, tetapi masih ada banyak makanan pelengkap lainnya yang bisa anda santap sembarei berkumpul bersama rekan kerja, teman, keluarga, dan pacar. Salah satunya adalah Char Kway Teow.

Kwetiau ditumis dengan api sedang, dibumbui dengan kecap kedelai atau kecap manis, cabe, udang, kerang, taoge, lokio, dan telur.

Dulunya, makanan yang tadinya dianggap sebagai makanan orang miskin, kebanyakan disantap oleh pekerja kasar, petani, nelayan dan petani kerang ini telah berubah menjadi salah satu makanan yang paling disukai oleh masyarakat.

BERITA TERKAIT

Dengan semakin luasnya makanan ini menyebar, banyak juru masak yang membuat kwetiau goreng versinya sendiri namun tetap memakai bahan dasar yang sama. 


Suasana bersantap di Resty My Kopi O! di Palembang (SRIWIJAYA POST/ RAHMALIYA)

Konon, kwetiaw goreng berasal dari Asia Tenggara (Malaysia, Singapura, Indonesia, dan Brunei), tapi menurut konsensus umum, 'Kwetiaw Goreng Penang' menduduki tempat teratas dalam hal cita rasa dan keasliannya.

Tak hanya menyajikan Kwetiau, di restauran yang berkonsep unik ini, masih ada banyak makanan lainnya yang juga wajib anda coba, diantaranya, dimsum, siomay goreng dengan isi udang dan sapi, onde-onde isi srikaya pasta, lumpia seafood, chicken dumpling, bakpau telur asin. 

 Tak lupa masih banyak varian kuey teow lainnya seperti, kuey teow siram ayam, hongkong beef kuey teow, dan kuey teow siram sapi.

Sumber: Sriwijaya Post
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
berita POPULER
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas